PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA PRODUK MINUMAN COCKTAIL TANPA LABEL DI DENPASAR SELATAN

  • Pande Gede Sastra Waradana Fakultas Hukum Universitas Udayana
  • I Gusti Ngurah Dharma Laksana Fakultas Hukum Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penulisan jurnal ini adalah guna mengetahui tentang perlindungan hukum bagi konsumen yang mengonsumsi minuman cocktailerta tanggung jawab pelaku usaha yang memproduksi minuman cocktail kepada masyaraka, penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode hukum empiris yaitu penelitian berfokus pada bekerjanya hukum dalam masyarakat dengan hukum sebagai konsep dari perilaku nyata (actual behavior) yang meliputi perbuatan dan akibatnya dalam hubungan hidup bermasyarakat. Dengan pendekatan the fact approach yakni pendekatan yang dilakukan dengan penelitian langsung ke lapangan, dengan menggunakan Teknik pengolahan data kualitatif untuk mendapatkan data yang terkonsepsual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha wajib memberikan pertangungjawaban kepada konsumen dengan memberikan biaya ganti kerugian sejumlah biaya pembelian apabila terbukti terjadinya kerugian yang signifikan. Dan pemberian label terhadap kemasan minuman cocktail. Hasil penelitian ini adalah guna menjamin tercapainya hak-hak konsumen, diantaranya dengan diundangkannya Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.


ABSTRACT


The purpose of writing this journal is to find out about legal protection for consumers who consume cocktails and the responsibility of business actors who produce cocktails to the community, this study uses a type of research with empirical legal methods, namely research focusing on the operation of law in society with law as a concept of real behavior (actual behavior) which includes actions and their consequences in social life relationships. The fact approach is an approach that is carried out by direct research into the field, using qualitative data processing techniques to obtain conceptual data. The results of this study indicate that business actors in this case are required to provide accountability to consumers, namely providing compensation costs for a number of purchase costs if it is proven that a significant loss has occurred and is indeed caused by Johnson Cocktail and provides labeling efforts on alcoholic beverage packaging at Johnson Cocktail. The results of this study are to ensure the achievement of consumer rights, including the promulgation of Law no. 8 of 1999 concerning Consumer Protection.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-14
How to Cite
SASTRA WARADANA, Pande Gede; DHARMA LAKSANA, I Gusti Ngurah. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA PRODUK MINUMAN COCKTAIL TANPA LABEL DI DENPASAR SELATAN. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 11, n. 9, p. 2162-2172, july 2023. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/84833>. Date accessed: 22 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/KS.2023.v11.i09.p14.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>