EFEKTIVITAS PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PENGGUNA JASA PENERBANGAN ATAS TERJADINYA KETERLAMBATAN ANGKUTAN UDARA PADA MASPAKAI LION AIR DI BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI

  • Anak Agung Istri Agung Pranita Bastari
  • I Made Sarjana

Abstract

Begitu banyaknya peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam pengangkutan udara semakin memperlihatkan lemahnya kedudukan pengguna jasa, sehubungan dengan itu diperlukan suatu perlindungan hukum yang memadai bagi pengguna jasa untuk memperjuangkan hak-haknya dalam kegiatan pengangkutan udara. Lion Air sebagai salah satu maskapai penerbangan komersil dengan harga rendah sering mengalami keterlambatan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tanggungjawab maskapai penerbangan Lion air selaku pihak penyedia jasa penerbangan terhadap pengguna jasa penerbangan sebagai wujud perlindungan hukum atas terjadinya keterlambatan penerbangan yang telah disepakati dan mengetahui upaya yang dapat ditempuh oleh pengguna jasa penerbangan yang telah di rugikan akibat terjadinya keterlambatan angkutan penerbangan.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris.
Hasil penelitian ini adalah Tanggung jawab maskapai selaku penyedia jasa penerbangan terhadap pengguna jasa penerbangan sebagai wujud perlindungan hukum atas terjadi keterlambatan penerbangan dari jadwal yang sudah ditentukan adalah pembayaran kompensasi kepada konsumen. Kompensasi tersebut adalah minuman, makanan ringan (snack box), dan makanan berat (heavy meal) hingga ganti rugi sebesar Rp. 300.000 serta refund ticket.
Kata Kunci : Angkatan Udara, Lion Air, Perlindungan Konsumen

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-18
How to Cite
BASTARI, Anak Agung Istri Agung Pranita; SARJANA, I Made. EFEKTIVITAS PEMBERIAN KOMPENSASI TERHADAP PENGGUNA JASA PENERBANGAN ATAS TERJADINYA KETERLAMBATAN ANGKUTAN UDARA PADA MASPAKAI LION AIR DI BANDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 6, n. 8, p. 1-15, july 2019. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/53856>. Date accessed: 08 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 > >>