PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BATASAN KANDUNGAN TAR DAN NIKOTIN PADA PRODUK ROKOK

  • Vernia Desfyana
  • I Made Sarjana

Abstract

Kandungan tar dan nikotin pada rokok merupakan zat yang” sangat berbahaya dan dapat membahayakan kesehatan masyarakat maupun konsumen yang mengkonsumsi produk rokok. Dengan demikian, perlu adanya perlindungan “konsumen agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun,” pada Peraturan Pemerintah yang berlaku saat ini, tidak adanya pengaturan mengenai batasan kandungan tar dan nikotin pada produk rokok. Berdasarkan latar belakang tersebut terdapat masalah yang ditemukan, yaitu bagaimana pengaturan kandungan tar dan nikotin di Indonesia dan bagaimana upaya pemerintah dalam melindungi konsumen terhadap “kandungan tar dan nikotin pada produk rokok.”Tujuan dari penulisan ini untuk mengetahui tentang pengaturan “kandungan tar dan nikotin pada produk rokok di Indonesia dan untuk mengetahui tentang upaya pemerintah dalam melindungi konsumen terkait dengan kandungan tar dan nikotin pada produk rokok.”


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan analisis konsep hukum.Penelitian ini menggunakan bahan sekunder”“yang diperoleh melalui penelitian kepustakaan, yaitu dengan mengkaji bahan-bahan bacaan yang ada kaitannya dengan permasalahan, dimana dalam penelitian ini terdapat kekosongan norma.”


Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya peraturan“yang mengatur mengenai kandungan tar dan nikotin pada produk rokok” dan upaya pemerintah dalam melindungi konsumen secara preventif menegaskan kepada “pelaku usaha untuk memberikan informasi yang jelas, benar, dan jujur. Sedangkan secara represif mengkaji kandungan tar dan nikotin pada produk rokok bersama lembaga BPOM.””


Kata kunci : Perlindungan Konsumen, Konsumen, Tar, Nikotin

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-07-18
How to Cite
DESFYANA, Vernia; SARJANA, I Made. PERLINDUNGAN KONSUMEN TERHADAP BATASAN KANDUNGAN TAR DAN NIKOTIN PADA PRODUK ROKOK. Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 7, n. 8, p. 1-18, july 2019. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/52210>. Date accessed: 19 june 2021.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>