PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN AKIBAT KEHILANGAN KENDARAAN DALAM AREA PARKIR (Studi Kasus Pasar Umum Desa Pakraman Sukawati)

  • I Komang Gde Arya Dinatha
  • Ida Bagus Putu Sutama

Abstract

Sebelum adanya Undang-Undang Perlindungan Konsumen atau UUPK di Indonesia segala sesuatu yang terkait dengan kepentingan konsumen lebih banyak diatur dalam KUHPerdata. Peraturan perundang-undangan yang secara khusus melindungi konsumen belum ada saat itu, sehingga posisi konsumen tidak seimbang bahkan sangat lemah dibandingkan dengan posisi pelaku usaha. Kejadian hilangnya kendaraan bermotor sering kali terjadi di lokasi parkir manapun, khususnya sepeda motor. Kejadian kehilangan kendaraan bermotor ketika parkir di Pasar Umum Desa Pakraman Sukawati, yaitu kasus hilangnya kendaraan sepeda motor. Kejadian parkir di Pasar Umum Sukawati belum benar-benar terjamin aman.


Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis empiris. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan perundang-undangan dan pendekatan fakta. Bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan-bahan hukum primer, bahan hokum sekunder, dan bahan hukum tersier. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara secara langsung terhadap informan.


Hasil penelitian ini menunjukkan perlindungan hukum yang diberikan bagi pengguna jasa parkir dalam hal terjadinya kehilangan kendaraan bermotor di Pasar Umum Desa Pakraman Sukawati, pihak LPDP (Lembaga Pemberdayaan Desa Pakraman) terlebih dahulu mengadakan negosiasi apabila kehilangan merupakan kesalahan dari pengguna jasa parkir maka pihak LPDP tidak berkewajiban memberikan ganti rugi dan perlindungan terhadap pengguna jasa parkir, tetapi apabila kehilangan kendaraan bermotor hilang atas kesalahan juru parkir maka pihak LPDP wajib mengganti rugi dan memberi perlindungan terhadap pengguna jasa parkir, tetapi apabila kehilangan kendaraan bermotor hilang atas kesalahan juru parkir maka pihak LPDP wajib mengganti rugi dan memberikan perlindungan hukum hal ini telah sesuai dengan prinsip tanggung jawab professional.


 


Kata Kunci :  Perlindungan Hukum, Kehilangan Kendaraan, Area Parkir.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-21
How to Cite
DINATHA, I Komang Gde Arya; SUTAMA, Ida Bagus Putu. PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN AKIBAT KEHILANGAN KENDARAAN DALAM AREA PARKIR (Studi Kasus Pasar Umum Desa Pakraman Sukawati). Kertha Semaya : Journal Ilmu Hukum, [S.l.], v. 4, n. 3, p. 1-12, may 2018. ISSN 2303-0569. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/40376>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>