ANALISIS YURIDIS TREN POSTER DISNEY YANG DIGUNAKAN UNTUK KOMERSIALISASI MENURUT PERSPEKTIF HUKUM POSITIF DI INDONESIA
Abstract
Pada platform media sosial Tiktok di Indonesia muncul tren yakni pembuatan desain poster menggunakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan yang dibuat yang menggunakan berbagai elemen seperti karakter Disney oleh pengguna Tiktok dengan tanpa izin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui suatu ciptaan yang sudah dimodifikasi oleh AI bisa menghapus pelanggaran hak cipta. Metode penulisan yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa ketika hasil dari aplikasi AI tersebut yang berupa poster dipublikasikan sebagai bahan promosi dalam bisnis perdagangan ataupun komersial lainnya dan tidak mendapatkan ijin dari pemegang hak cipta maka dapat dikatagorikan sebagai pelanggaran hak cipta. Pelanggaran hak cipta tren poster Disney ini seperti menyerupai warna-warna cerah, dan font yang khas, bentuk, huruf, dan motif yang menyerupai karakter Disney. Perbuatan pihak yang menggunakan poster Disney sebagai media promosi ataupun sekedar mengupload di media sosial Tiktok untuk mendapatkan exposure merupakan pelaksanaan hak ekonomi yang seharusnya wajib mendapatkan izin terlebih dahulu dari pencipta atau pemegang hak cipta.
ABSTRACT
On the Tiktok social media platform in Indonesia, a trend has emerged, namely the creation of poster designs using Artificial Intelligence (AI) using various elements such as Disney characters by Tiktok users without permission. The aim of this research is to find out whether a creation that has been modified by AI can eliminate copyright infringement. The writing method used in this research is normative research with a statutory approach. The results of this research state that when the results of the AI ??application in the form of posters are published as promotional material in trade or other commercial businesses and do not obtain permission from the copyright holder, it can be categorized as copyright infringement. Copyright infringement: Disney poster trends include bright colors and distinctive fonts, motifs, shapes and letters that resemble Disney characters. The actions of parties who use Disney posters as promotional media or simply upload them on TikTok social media to gain exposure are an exercise of economic rights which should require prior permission from the creator or copyright holder.