PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN BARANG

  • Made Bagus Indrawan Fakultas Hukum, Universitas Udayana
  • Made Cinthya Puspita Shara Fakultas Hukum, Universitas Udayana

Abstract

Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui perlindungan yang diberikan kepada konsumen dalam hal ini berkaitan dengan hilang ataupun rusaknya suatu barang terhadap pengiriman yang dilakukan oleh pelaku usaha merupakan hal dasar yang menjadi tujuan dalam penelitian ini dalam rangka memahami suatu kepastian hukum yang berlaku dalam suatu masyarakat apabila terjadi suatu kasus serupa. Penelitian ini menggunakan metode Yuridis Normatif. Penelitian menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan yang bersumber dari literatur atau teori (pendekatan konseptual. Hasil penelitian ini adalah adanya perlindungan hukum terhadap konsumen jasa pengiriman barang sangat dperlukan dimana konsumen yang dirugikan atas tindakan tidak sesuai dengan tanggung jawab serta kewajiban seorang pelaku usaha yang dalam hal ini melakukan suatu kelalaian. Adapun bentuk perlindungan hukum preventif dan represif bagi konsumen. Konsumen dapat mengajukan ganti rugi dan apabila proses ganti rugi tersebut berbelit maka dapat diajukan menjadi gugatan. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Konsumen serta Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata.


The purpose of writing this article is to find out the protection provided to consumers in this case relates to the loss or damage of goods to shipments made by business actors is the basic thing that is the aim of this research in order to understand a legal certainty that applies in a society if a similar case occurs. This study uses a normative juridical method. This research use to the statutory approach as a foundation of thinking that is associated with an applicable legal principles and source from literature or theory (conceptual approach). The results of this study are that legal protection for consumers of goods delivery services is very much needed where consumers are harmed by actions that are not in accordance with the responsibilities and obligations of a business actor who in this case commits negligence. As for forms of preventive and repressive legal protection for consumers. Consumers can file for compensation and if the compensation process is complicated, it can be filed as a lawsuit. This is in accordance with the Consumer Protection Act as well as the Commercial Code and the Civil Code.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-01
How to Cite
INDRAWAN, Made Bagus; SHARA, Made Cinthya Puspita. PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN JASA PENGIRIMAN BARANG ATAS KERUSAKAN ATAU KEHILANGAN BARANG. Kertha Desa, [S.l.], v. 11, n. 7, p. 2952-2962, nov. 2023. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthadesa/article/view/95522>. Date accessed: 16 may 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)