PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN TERKAIT INFORMASI HARGA PADA DAFTAR MENU MAKANAN SEBAGAI KEWAJIBAN PELAKU USAHA
Abstract
Penulisan karya ilmiah ini bertujuan agar mengetahui tentang pengaturan hukum serta pertanggung jawaban akibat harga yang tidak tercantum dalam daftar menu makanan dari pelaku usaha, yang bisa menyesatkan dan menimbulkan kerugian kepada konsemen. Penelitian ini tergolong metode penelitian hukum normatif, yang menggunakan pendekatan perundang-undangan (the statute approach) dan pendekatan konseptual (conseptual approach). Hasil studi menunjukan bahwa, pengaturan hukum dan pertanggung jawaban pedagang yang tanpa mencantumkan harga di daftar menu makanan, peraturan perundang undangan sudah mengatur hal tersebut, yaitu dimana bila konsumen merasa dirugikan oleh ulah pelaku usaha tersebut konsumen dapat menuntut pelaku usaha rumah makan sebagai wujud pemenuhan atas hak-hak konsumen, dan pelaku usaha rumah makan juga mempunyai tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan, memberikan ganti rugi kepada konsumen karena kurangnya informasi yang jelas yang diberikan oleh pelaku usaha kepada pelanggan.
Kata Kunci: Perlindungan Konsumen, Informasi Harga, Menu Makanan.
The purpose of writing this scientific paper is to find out about legal arrangements and accountability due to prices that are not listed in the food menu list of business actors, which can be misleading and cause harm to consumers. This research is classified as a normative legal research method, which uses a statutory approach and a conceptual approach. The results of the study show that, legal arrangements and the responsibility of traders without including prices on the food menu list, the laws and regulations already regulate this, namely where if consumers feel aggrieved by the actions of these business actors, consumers can sue restaurant business actors as a form of fulfillment of their obligations. consumer rights, and restaurant business actors also have responsibilities that must be carried out by providing compensation to consumers for the lack of clear information provided by business actors to customers.
Key Words : Consumer Protection, Price Information, Food Menu