Wacana KB Krama Bali : Analisis Persepsi Warganet di Media Sosial Facebook
Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi publik terhadap wacana KB Bali sekaligus harapan yang didambakan publik ketika wacana ini berubah menjadi sebuah program. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode yang digunakan adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Sumber data adalah komentar publik pada masing-masing media masa online terpilih yang memviralkan wacana KB Bali di media sosial facebook. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat variasi pemberitaan wacana KB Bali di media sosial facebook oleh media masa online yang dikaji, dilihat dari judul berita dan intensitas pemberitaannya. Bervariasinya pemberitaan wacana KB Bali tidak dapat dilepaskan dari kebijakan internal organisasi media dan pengaruh eksternal media itu sendiri; 2) Sikap publik terhadap wacana KB Bali sebagian besar adalah setuju (47%). Hal ini menunjukkan bahwa hampir sebagian dari publik cukup antusias akan adanya KB Bali. Keantusiasan publik terhadap KB Bali menunjukkan bahwa nilai-nilai budaya Bali yang dianut memiliki peranan yang lebih tinggi/penting dibandingkan dengan nilai-nilai lainnya terkait kepemilikan anak; 3) Harapan publik terhadap wacana KB Bali cukup bervariasi, namun yang mencolok hanya 3 hal yaitu tidak ada harapan lebih lanjut, pemberian insentif, dan prioritas pada program yang lain. Dari harapan ini dapat diidentifikasi bahwa nilai-nilai ekonomi dan budaya memiliki peranan yang vital akan nilai anak di kalangan publik.
Kata Kunci: KB krama Bali, persepsi, media sosial, facebook
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Becker, G; K.M. Murphy and R.F.Tamura. 1993. Human Capital, Fertility,and Economic Growth, in Becker,G (ed), Human Capital: Theoretical and Empirical Analysis, With a Special References to Education. 3rd ed..Chicago,IL: Chicago University Press
Handayani, Lestari; Suharmiati; Iswari Hariastuti; Choirum Latifah, 2012. Peningkatan Informasi Tentang KB: Hak Kesehatan Reproduksi Yang Perlu Diperhatikan Oleh Program Pelayanan Keluarga Berencana. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan. Vol. 15 No. 3 Juli 2012, pp. 289–297
Herman Kurniawan, Rasyika Nurul, Rahmat Hidayat. 2017. “Perilaku Akseptor Dalam Memilih Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Di Poskesdes Anuta Singgani Kecamatan Mantikulore Kota Palu”, Jurnal Preventif, Volume 8 Nomor 1, April 2017, pp. 39-45
Hull,Terence H. 2010. Redefining Family Planning Through Decentralization (Tersedia Dalam Buku Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi, Halaman 73-95). Yogyakarta: Pustaka Pelajar dan PSKK UGM.
Instruksi Gubernur Bali Nomor 1545 Tahun 2019 Tentang Sosialisasi Program Keluarga Berencana (KB) Krama Bali.
Krisdinanto, Nanang. 2014. “Anomali dan Teori Hirarki Pengaruh terhadap Isi Media”, Komunikatif, Jurnal Ilmiah Komunikasi, Vol 3 Nomor 1, pp. 1-18
Manuaba, Ida Bagus Gde. 1998. Ilmu kebidanan, penyakit kandungan & keluarga berencana untuk pendidikan bidan. Egc.
McGurk, S. 2014. What is Social Media Engagament and Why it Matters for your Business. Tersedia pada http://blog.fusionfarm.com/what-is-social-media-engagement-and-why-it-matters-for-your-business. (diakses pada 3 Oktober 2019)
Pertiwi, Wahyunanda Kusuma. 2019. Facebook Jadi Medsos Paling Digemari di Indonesia. Tersedia pada www.tekno.kompas.com. (diakses pada 23 Agustus 2019)
Pradana, Yudha. 2017. “Peranan Media Sosial Dalam Pengembangan Melek Politik Mahasiswa”, Jurnal Civics, Volume 14, Nomor 2 Edisi Oktober 2017, pp. 139-14
Rahadi, Dedi Rianto. 2017. “Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media Sosial”, Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol 5 No 1. pp. 58-70
Ratnamulyani, Ike Atikah dan Beddy Iriawan Maksudi. 2018. Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor. Sosiohumaniora-Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Humaniora. Vol. 20, No. 2, Edisi Juli 2018, pp.154 – 161
Rimbawan, Nyoman Dayuh. 2018. Zaman Now: Masih Relevankah KB Bali? Artikel Koalisi Kependudukan. Denpasar: BKKBN
Rohim, Sabrur. 2016. “Argumen Program Keluarga Berencana (KB) Dalam Islam”, Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 1 Nomor 2, pp. 47-70
Santoso Amanda P, Imam Baihaqi, dan Satria F.Persada. 2017. “Pengaruh Konten Post Instagram terhadap Online Engagement: Studi Kasus pada Lima MerekPakaian Wanita”, JURNAL SAINS DAN SENI ITS, Vol. 6, No. 1, pp. 50-54
Sarmita, I. Made. 2017. “Refleksi Kritis Kondisi Demografi Indonesia: Antara Bonus Dan Bencana Demografi”, Media Komunikasi Geografi, Volume 18 Nomor 1, Edisi Juni 2017, pp. 66-76
Sutinah. 2017. Partisipasi Laki-Laki Dalam Program Keluarga Berencana Di Era Masyarakat Postmodern. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Vol. 30, No. 3, pp. 289-299
Watie, Errika Dwi Setya. 2011. “Komunikasi dan Media Sosial”, THE MESSENGER, Volume III, Nomor 1, Edisi Juli 2011, pp. 69-74.
UNDP. 2018. Human Development Indices and Indicators 2018 Statistical Update. New York: UN
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.