PRODUKSI PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS ECENG GONDOK DAN GANGGANG HIJAU UNTUK MENUNJANG PENGEMBANGAN PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN DI WILAYAH DANAU BUYAN

  • I G. Suranjaya
  • N.L. Kartini
  • N.L.R. Purnawan

Abstract

Kegiatan pengabdian bagian dari pelaksanaan Program Kemitraan Wilayah (PKW) ini bertujuan untuk alih teknologi dalam pengolahan pupuk organik cair berbasis eceng gondok dan ganggang hijau dalam upaya menunjang pengembangan pertanian ramah lingkungan di desa Pancasari, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng. Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada PKW ini adalah : (1) Kordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan masyarakat sasaran mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi kegiatan; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi masyarakat mengenai inovasi yang akan diterapkan; (3) Pelatihan dan simulasi mengenai terapan ipeks yang dialihkan; (4) Pendampingan secara berkala kepada masyarakat sasaran hingga ipteks yang dialihkan dapat dilaksanakan secara mandiri. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan alih teknologi dalam pengolahan pupuk organik cair berbasis eceng gondok dan ganggang hijau sebagai upaya menunjang pengembangan pertanian ramah lingkungan di seputaran danau Buyan dapat berlangsung dengan baik yang ditunjukkan dengan adanya partisipasi aktif dan daya adopsi ipteks yang baik dari masyarakat sasaran. Partisipasi aktif mitra dalam seluruh kegiatan alih teknologi ini cukup baik, yaitu sebesar 55%. Terdapat kemauan mitra sasaran untuk memproduksi pupuk organik cair berbasis eceng gondok dan ganggang hijau secara mandiri.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-08-06
How to Cite
SURANJAYA, I G.; KARTINI, N.L.; PURNAWAN, N.L.R.. PRODUKSI PUPUK ORGANIK CAIR BERBASIS ECENG GONDOK DAN GANGGANG HIJAU UNTUK MENUNJANG PENGEMBANGAN PERTANIAN RAMAH LINGKUNGAN DI WILAYAH DANAU BUYAN. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 3, aug. 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/44659>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i03.p15.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>