PENGOLAHAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DAN PELESTARIAN DANAU BUYAN DI DESA PANCASARI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG PROPINSI BALI

  • N.L. Kartini Universitas Udayana
  • I.G. Suranjaya Universitas Udayana

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk pengolahan Eceng Gondok (Eichhornia Crassipes) untuk Peningkatan Pendapatan Masyarakat dan Pelestarian Danau Buyan. Metode yang diterapkan dalam pemberdayaan masyarakat pada kegiatan KKN PPM adalah sebagai berikut: (1) Kordinasi dan komunikasi secara partisipasif dengan kelompok tani Subak Abian untuk merumuskan program mulai dari perencanaan, operasional dan evaluasi; (2) Penyuluhan untuk membangun persepsi dan pemahaman asyarakat mengenai inovasi atau program yang diterapkan; (3) Pelatihan dan simulasi mengenai terapan ipeks yang dialihkan bagi masyarakat; (4) Pendampingan yaitu pertemuan secara berkala dan berkelanjutan antara pendamping dengan masyarakat sasaran hingga ipteks yang dialihkan dapat dilaksanakan secara mandiri oleh masyarakat. Kegiatan yang dilakukan meliputi (1) Penyuluhan dan koordinasi pada anggota dan pengurus subak Abian Desa Pancasari; (2) Edukasi kepada anak sekolah, petani, dan masyarakat mengenai pelestarian lingkungan danau; (3) Pelatihan dan pembuatan demplot penerapan prosedur operasional baku pertanian ramah lingkungan; (4) Pelatihan alih teknologi fermentasi dalam pembuatan pupuk organik dan pakan ternak dari enceng gondok; (5) Pelatihan alih teknologi pengolahan enceng gondok menjadi sumber energi (biogas); dan (6) Edukasi bagi anak sekolah dalam pelestarian danau dan kesehatan lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-07-14
How to Cite
KARTINI, N.L.; SURANJAYA, I.G.. PENGOLAHAN ECENG GONDOK (Eichhornia crassipes) UNTUK PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT DAN PELESTARIAN DANAU BUYAN DI DESA PANCASARI KECAMATAN SUKASADA KABUPATEN BULELENG PROPINSI BALI. Buletin Udayana Mengabdi, [S.l.], v. 17, n. 2, p. 16-20, july 2018. ISSN 2654-9964. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/view/40810>. Date accessed: 13 july 2024. doi: https://doi.org/10.24843/BUM.2018.v17.i02.p03.