Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Produk dan Layanan di Poison Coffee Denpasar
Main Article Content
Abstract
Poison Coffee merupakan salah satu coffee shop yang ada di Kota Denpasar. Persaingan bisnis kedai kopi di Denpasar semakin ketat. Pada masa pandemi Poison Coffee terjadi penurunan penjualan sebesar ±35%, sehingga diperlukan analisis kepuasan konsumen terhadap kualitas produk dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut kualitas produk dan jasa yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan dengan menggunakan metode Kano. Penelitian ini dilakukan di Poison Coffee Supratman dan Terompong. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode Kano. Hasil penelitian menunjukkan perlu adanya peningkatan kualitas atribut yang berada pada kategori satu dimensi. Hasil analisis menyatakan bahwa atribut yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen di Poison Coffee Supratman adalah rasa makanan yang konsisten (-0.69), pelayanan dan penyajian yang cepat (-0.73). Kemudian di Poison Coffee Terompong, rasa makanannya konsisten (-0,70) dan tempat parkirnya memadai (-0,73).
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Badan Pusat Statistik Provinsi Bali. 2021. Banyaknya Restoran dan Rumah Makan Dirinci Menurut Kabupaten/Kota di Bali 2012-2022. https://www.bps.go.id/publication/2021/11/30/b1b6cf2a6aad1ee2d8a4c656/statistik-kopi-indonesia-2020.html. Diakses pada tanggal 21 Juni 2022.
Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Halstead, D., H. David., and L. S. Sandra. 2002. Multisource effect on the satisfaction formation process. Journal of the Academic of Marketing Science. 22(2):114-129.
Ilyas, M., dan D. Sari. 2021. Analisis faktor-faktor yang menjadi preferensi konsumen dalam memilih coffee shop di Kota Bandung. eProceedings of Management. 8(4):3318-3329.
International Coffee Organization (ICO). 2021. World Coffee Consumption. https://www.ico.org/prices/new-consumption-table.pdf. Diakses pada tanggal 3 Agustus 2022.
Irawan, H. 2007. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.
Jamal, A., dan S. A. Busman. 2021. Pengaruh cita rasa dan lokasi terhadap keputusan pembelian Ayam Geprek Junior Cabang Pekat di Kabupaten Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis. 4(2):27–34.
Kano, N., K. Seraku, F.T., and S. Tsuji. 1984. Attractive quality and must be quality. The Journal of The Japanes Society for Quality Control. 14(2):39- 48.
Lauw, J., dan Y. S. Kunto. 2013. Analisa pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di The Light Cup Cafe Surabaya Town Square dan The Square Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. 1(1):1–7.
Lovelock, C. and K. W. Lauren. 2005. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta.
Maimunah, S. 2020. Pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, cita rasa terhadap kepuasan konsumen dan loyalitas konsumen. IQTISHADequity Jurnal Manajemen. 1(2):57–68.
Mirasaputri, I. M. 2014. Analisis Kategori Kualitas Fisik dan Layanan pada Produk Cake in Jar dengan Menggunakan Metode Kano (Studi kasus pada Café Bunchbead, Malang). Skripsi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Teknologi Pertanian. Universitas Brawijaya. Malang.
Marie, A. L., T. D. Sulistyo., H. Ratnaningtyas., dan M. Monita. 2021. Pengaruh peran kualitas produk dan harga terhadap kepuasaan pelanggan di Kopi Praja, Bintaro Tangerang Selatan. Jurnal Mebis (Manajemen dan Bisnis). 6(2):13-17.
Muhaimin, A. W. 2010. Perilaku konsumen dalam pembelian teh rosela merah di Kota Malang. Jurnal Agritek.18(2):176–184.
Nofirza, N., dan K. Indrayani. 2011. Aplikasi metode kano dalam analisis indikator kualitas pelayanan di Rumah Sakit Arifin Ahmad Pekanbaru. Jurnal Sains dan Teknologi Industri. 9(1):1–8.
Safitri, R. S. N. I., S. S. Utami., dan Sunarso. 2017. Analisis pengaruh store atmosphere, harga, kualitas pelayanan, dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen pada cafe & resto. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan. 17(2):390-398.
Sauerwein, E., F. Bailom., K. Matzler., and H. H. Hinterhuber. 1996. The kano model: how to delight your customers, international working seminar on production economics. The Journal of Management. 3(1):313-323.
Sugiyono, 2013. Statistika Untuk Penilaian CV. Alfabeta, Bandung.
Sulistyawati, E., T. Multifiah., dan A. Thoyib. 2010. Analisis perilaku keputusan konsumen dalam pembelian produk patung kayu pada toko kerajinan (Art Shop) Kecamatan Sukawati, Gianyar, Bali. Jurnal Wacana. 13(1):84-99.
Surya, I., A. A. S. Wiranatha., dan I. W. G. S. Yoga. 2020. Analisis kualitas layanan kepada konsumen di Nocturnal Coffee Bali dengan menggunakan metode model kano. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 8(4):551-561.
Tjiptono, F. 2004. Prinsip-Prinsip Total Quality Service. Andi Offset, Yogyakarta.
Triton, P. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
Utami, D. 2019. Analisis Kepuasan Konsumen dalam Memilih Coffee Shop di Kota Medan. Skipsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Sumatera Utara. Medan.
Walt, R. V., G. K. Theuns., and M. Greyling. 2014. Customer Perceptions of Restaurant Experience in Gauteng. University of Pretoria. Pretoria, South Africa.
Waty, D. 2020. Pengaruh Price Discount dan E-Money Terhadap Impulse Buying Coffee Shop di Grand Batam Mall. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Putera Batam.
Widagdo, N. O., C. Nuraini., dan M.I. Mamoen. 2022. Tingkat kepuasan konsumen kedai kopi di Kota Tasikmalaya. Agribusiness System Scientific Journal. 2(1):1-10.