Pemasaran Produk Kecantikan Melalui Digital Marketing Pada Saat Pandemi Covid 19 (Studi Kasus: UMKM UD. Bungan Jepun)
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini sekaligus untuk mengetahui implementasi digital marketing, untuk mengetahui variabel apa saja yang paling dominan mempengaruhi pemasaran produk kecantikan dan untuk mengetahui variabel digital marketing apa yang mempengaruhi efektivitas pemasaran UMKM UD. Bunga Jepang. Jumlah responden diperoleh dengan menggunakan metode slovin dari populasi 300 dan tingkat kesalahan 10% sehingga menghasilkan 75 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, analisis faktor konfirmatori dan uji hipotesis (T). Pemasaran digital yang diterapkan oleh UMKM UD. Bungan Jepun, yaitu melalui: facebook (UD. Bungan Jepun), Instagram (Ud. Bungan Jepang), website (Ud. Bungan Jepun), whatsapp (0813-3779-0279), shopee (Ud. Bungan UD) dan tokopedia (Ud. Bungan UD) .Bunga Jepang). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa tanggapan dari 75 responden rata-rata semuanya memiliki penilaian sangat setuju dimana nilai tertinggi adalah variabel shopee dengan rata-rata 4,67 dan standar deviasi 0,671. Hasil analisis faktor konfirmatori menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan adalah variabel perhatian yaitu melihat iklan produk kecantikan Bungan Jepang di media sosial (Y1) dengan loading factor sebesar 0,954. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel pemasaran digital yang paling berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran adalah variabel whatsapp dan tokopedia, sedangkan variabel pemasaran digital yang paling berpengaruh terhadap efektivitas pemasaran adalah variabel facebook
Downloads
Article Details
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Seluruh artikel di Jurnal ini dapat disebarluaskan atas tetap mencantumkan sumber yang syah. Identitas judul artikel tidak boleh dihilangkan. Penerbit tidak bertangggung jawab terhadap naskah yang dipublikasikan. Isi artikel menjadi tanggung jawab Penulis.
References
Ari, L. 2016. Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 Pada Website SMAN 2 Kota Mojokerto. JSIKA. 5 (11): 1 – 14.
Bella, K. P. 2020. Pengaruh Attention, Interest, Search, Action Dan Share (AISAS) Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Produk Makanan Impor Yang Tidak Berlabel Halal Pada Masyarakat Muslim di Kota Jambi. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jambi.
Diding, R. 2017. Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Unifikasi. 4 (1): 35 - 42.
Dwi, R. 2017. Pengaruh Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Minat Mendengarkan Radio DJFM Surabaya. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi, Surabaya.
Ghozali, I. (2016) Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hafiz, L. H. 2012. Implementasi Bauran Pemasaran Pada PT. Cartenz Indonesia Cabang Jember. UNEJ JURNAL. 1 (1): 1 - 17.
Ismawati. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Online Shopee Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis UNISMUH Makasar. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Makasar.
Johar, D. S. 2015. Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) Terhadap Efektifitas Iklan Online (Survei Pada Pembeli Di Toko Online Adorable Project). Jurnal Administrasi Bisnis. 26 (1): 1-10
Mohamad, F. T. 2018. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Manajemen Dewantara. 1 (2): 62 - 67.
Nur, U. B. 2018. Efektivitas Digital Marketing Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Chocolicious Indonesia. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Makasar.
Parinduri, T. H. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Whatsapp Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Medan. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan.
Putri, M. S. 2019. Tinjauan Promosi Penjualan Pada Cv Nuryz Bersaudara Palembang. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Politeknik Negeri Sriwijaya, Palembang.
Purwanti. 2017. Eksplorasi Faktor-Faktor Online Marketing Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Belanja Online Pada Naufal Bag Collecton. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi. 4 (1): 84 – 87.
Reynold. 2019. Analisis Faktor-Faktor Pemasaran Digital Badcamp.com Pada RHYM Band di Indonesia. Jurnal Manajemen. 6 (1): 818 – 824.
Riza, S. 2020. Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Pt. Vitapharm. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Yogyakarta.
Serila, V. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Elektronik Toko Online Tokopedia Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Yogyakarta.
Silviana. 2020. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Tingkat Penjualan Melalui Sosial Media. (Studi Kasus Di Kecamatan Bone-Bone). Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Sulawesi Selatan.
Sudarmawan. 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemasaran Layanan 3g Telkomsel Di Makassar. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Program Magister Manajemen, Makasar.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Bisnis. CV Alfabeta, Bandung.
Suseno, A. 2019. Analisis Pengaruh Digital Marketing, Citra Merek dan Beauty Vlogger Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Cressida Pada Kalangan Mahasiswa Univesitas Pelita Bangsa. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ekonomi Bisnis dan Ilmu Sosial Univesitas Pelita Bangsa, Bekasi.
Sutopo. 2017. Statistik Inferensial. ANDI, Yogyakarta.
Untari. 2018. Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Jurnal Sekretari dan Manajemen. 2 (2): 271-278
Wardhana, A. 2015. Strategi Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UKM Di Indonesia. Jurnal Forum Keuangan dan Bisnis IV. 4 (1): 327-337.Wulandari, P. 2020. Pengaruh Promosi Media Sosial Facebook Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Café Keboen Di Binjai Utara. Skripsi. Tidak Dipublikasikan. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Medan.