Analisis Hubungan Antara Harga Dan Volume Penjualan Lip Cream Hanasui Mattedorable Di Marketplace Online Shopee

Main Article Content

Ni Luh Putu Lilis Sinta Setiawati Pande Putu Narisya Ardhaneswari Ni Wayan Amanda Febry Lestari I Putu Raditya Arsadera Rueben Nathaniel Simanjuntak

Abstract

Price is variable that plays a significant role in marketing because it can influence consumers buying decisions for a product or service. Pricing strategy often plays a key role in selling products on online platforms like Shopee. This study aims to determine the effect of price on the sales volume of Lip Cream Hanasui Mattedorable products on the online marketplace Shopee. The sample used in this study consisted of 40 cosmetic stores in the Jabodetabek area. Spearman correlation test was used to measure the strength of the relationship between the price variable of the product and the sales quantity expressed by the correlation coefficient (r). The results of the Spearman correlation test showed a significance value of 0.003, which means H0 is rejected with a correlation coefficient value of -0.454. This indicates that the price and sales volume  has a negative correlation with moderate strength. The findings of this research indicate that as the price of Lip Cream Hanasui Mattedorable products decreases, there is a corresponding increase in the sales volume. Moderate correlation indicates that many other factors play a role in determining the sales quantity of Lip Cream Hanasui Mattedorable on the Shopee platform.


Keywords : product price, sales volume, lip cream, Shopee


Harga adalah variabel penting dalam pemasaran karena dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk atau jasa. Penetapan harga sering menjadi strategi utama dalam penjualan produk di marketplace online seperti Shopee. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh harga terhadap jumlah penjualan produk Lip Cream Hanasui Mattedorable di marketplace online Shopee. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 toko kosmetik yang ada di daerah Jabodetabek. Dalam penelitian ini, digunakan uji korelasi Spearman untuk mengukur kekuatan hubungan antara variabel harga produk dan jumlah penjualan yang dinyatakan dengan koefisien korelasi. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan nilai signifikansi 0,003 yang artinya H0 ditolak dengan nilai koefisien korelasi sebesar -0,454. Artinya variabel harga memiliki hubungan yang berlawanan arah dengan kekuatan hubungan antara harga dan jumlah penjualan tergolong sedang. Penelitian ini menunjukkan bahwa ternyata harga produk Lip Cream Hanasui Mattedorable di toko kosmetik daerah Jabodetabek yang semakin murah dapat meningkatkan jumlah penjualan produk, walaupun dengan korelasi sedang. Korelasi sedang mengindikasikan bahwa terdapat banyak faktor lain yang berperan dalam penentuan jumlah penjualan Lip Cream Hanasui Mattedorable di platform Shopee.


Kata kunci : harga produk, jumlah penjualan, lip cream, Shopee

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
SETIAWATI, Ni Luh Putu Lilis Sinta et al. Analisis Hubungan Antara Harga Dan Volume Penjualan Lip Cream Hanasui Mattedorable Di Marketplace Online Shopee. JURNAL REKAYASA DAN MANAJEMEN AGROINDUSTRI, [S.l.], v. 12, n. 1, p. 126-134, mar. 2024. ISSN 2503-488X. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jtip/article/view/112960>. Date accessed: 21 nov. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JRMA.2024.v12.i01.p12.
Section
Articles

References

Annur, C. M. 2022. Survei: Shopee Jadi Platform E-commerce yang Paling Banyak Digunakan Saat Harbolnas. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/28/survei-shopee-jadi-platform-e-commerce-yang-paling-banyak-digunakan-saat-harbolnas
Asosiasi Digital Marketing Indonesia. 2020. 10 Kategori Produk Terlaris Shopee - Asosiasi Digital Marketing.
Bindra, S., Sharma, D., Parameswar, N., Dhir, S., and Paul, J. 2022. Bandwagon effect revisited: A systematic review to develop future research agenda. Journal of Business Research, 143, 305–317.
Chairunnisa, Desnita, R., dan Anastasia, D, S. 2021. Potensi penggunaan beeswax dalam lipcare. Jurnal Mahasiswa Farmasi Fakultas Kedokteran UNTAN, 5(1).
Hasibuan, T. N. S., Nasti, N., dan Sonata, I. 2022. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli kosmetik lipstik Emina (studi kasus mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara Jurusan Manajemen). Jurnal Riset Manajemen & Bisnis), 7(1), 116–122. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/JRMB
Jayanti, R. D. 2015. Pengaruh harga dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian secara online (Studi kasus pada Harapan Maulina Hijab Jombang). EKSIS, X(1). http://ejournal.stiedewantara.ac.id
Kamansing, D. V, Towoliu, B. I., dan Kumaat, H. M. 2016. Analisis hubungan pengawasan supervisor dan kinerja karyawan pada food & beverage department. Jurnal Hospitaliti dan Pariwisata, 3(2), 114–232.
Karundeng, E. F., Mandey, S. L., Ch Lintong, D. A., Karundeng, E. F., Mandey, S. L., ChA Lintong, D., dan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, J. 2023. The influence of price and customer reviews on the purchasing decision of Erigo brand fashion products on Shopee marketplace on GMIM Sion Malalayang Youth. 11(1), 873–884.
Rahmadani, R., dan Ananda, F. 2018. Analisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian di online shop Tokopedia.
Riswandi, D. 2019. Transaksi online (e-commerce): Peluang dan tantangan dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 1–13. https://digimind.id/10-kategori-produk-terlaris-shopee/
Satria, A. A. 2017. Pengaruh harga, promosi, dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen pada Perusahaan A-36. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 2(1), 45–53.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Syahputra, M. I., dan Ningsih, L. S. R. 2023. Pengaruh harga, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada CV. Satria Mobil Mojokerto. Jurnal Ilmiah Research and Development Student (JIS), 1(2), 104–119. https://doi.org/10.59024/jis.v1i2.332
Vikaliana, R., Pujianto, A., Mulyati, A., Fika, R., Ronaldo, R., Reza, H. K., Ngii, E., Dwikotjo, F., Suharni, dan Ulfa, L. 2022. Ragam Penelitian dengan SPSS.
Yolani Sianturi, E. 2023. Pengaruh Harga Dan Promosi Berbasis Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Shopee. COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(06), 2474–2482. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i07.1077
Yuliani, M. P., dan Suarmanayasa, I. N. 2021. Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 3(2).