Pemanfaatan Media Sosial Untuk Wirausahawan Wanita Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur Sistematis

  • Finnah Fourqoniah Universitas Mulawarman
  • Muhamad Fikry Aransyah Mulawarman University

Abstract

Womenpreneurs adalah seorang pengusaha wanita yang dapat mengatur atau mengelola perusahaan atau bisnis. Dalam menjalankan bisnis harus memiliki strategi agar dapat bertahan dalam segala kondisi dan memiliki ketahanan bisnis yang kuat, terutama pada saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Salah satu strateginya adalah dengan memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk terus mengembangkan omzet penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali data dan informasi terkait penggunaan media sosial bagi wanita yang memiliki usaha pada saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Jumlah artikel yang ditemukan sebanyak 10 artikel yang kemudian dikelompokkan berdasarkan konsep dan pembahasan yang sama dengan topik yang diangkat. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial sangat bermanfaat untuk meningkatkan omset penjualan pada saat pandemi Covid-19.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraeni, Diana., et al. (2019.) Penggunaan Saluran Komunikasi untuk Memenuhi Kebutuhan Informasi Wanita pengusaha Kuliner di Kota Depok. Jurnal Komunikasi Global, 8(1).
Anugraheni, A. R. (2020). Resiliensi pada Wirausahawan Wanita: Studi Literatur. Proceeding of the 11th University Research Colloquium 2020: Bidang Sosial Humaniora dan Ekonomi. pp. 94–99.
Astuti, Sih Darmi., et al. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Sekolah Wirausaha Aisyiah Kabupaten Semarang. Abdimasku 3(1), pp. 71–76.
Awali, H. & F. R. (2020). Urgensi Pemanfaatan E-Marketing pada Keberlangsungan UMKM di Kota Pekalongan di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(1).
Beninger, S. (2016). A road to empowerment: social media use by women entrepreneurs in Egypt. Journal Intrepreneurship and Small Business, 27(2/3), pp. 308–332. doi: 10.1504/IJESB.2016.073987.
Hardilawati, W. L. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal akuntansi dan ekonomika, 10(1), pp. 89–90.
Isyfi’afiani. (2018). Advancing Women’s Digital Skills and Economic Empowerment through Girls in Tech Indonesia: A Case Study. Indonesian Journals of Gender, Woman, Child, and Social’s Conclusion Study, 1.
Jayani, H. D. (2020). Media Sosial yang Paling Sering Digunakan di Indonesia. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia# (Accessed: 10 April 2020).
Joesyiana, K. (2019). Penggunaan Media Online Shop dalam Bisnis pada Wirausaha Wanita (Studi Kasus pada Pebisnis Wanita Komunitas Shalihah Preneur melalui Pengelolaan Informasi dengan Media Sosial). Jurnal Valuta, 5(2), pp. 65–80.
Khasanah, F. N., Samsiana, S. and Handayanto, R. T. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dan Ecommerce Sebagai Media Pemasaran Dalam Mendukung Peluang Usaha Mandiri Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Sains Teknologi dalam Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), pp. 51–62.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2), pp. 217–225. Available at: http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.
Kusumadewi, A. N. (2020). Implementasi Jiwa Wirausaha dan Media Sosial terhadap Minat Berwirausaha pada Mahasiswi Purwakarta. Eqien: Journal of Economics and Business, 7(2), pp. 87–94.
Latipah, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha. COMM-EDU, 3 No 1, pp. 83–90.
Lubis, R. L. (2019). Digital Entrepreneurship in Academic Environment: Are We There Yet ? Journal of Teaching and Education, 09(01), pp. 167–193.
Lucky, M. and Rosmadi, N. (2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika, 4(1), pp. 122–127.
Melissa, Ezmieralda., et al. (2019). Pelatihan “Lingkungan Media Sosial Kontemporer: Tantangan dan Peluangnya” bagi Perempuan Wirausaha di Wilayah JABODETABEK. Prosiding Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (CSR) 2021, 2, pp. 138–143.
Novialumi, Anita., et al. (2020). Perkembangan Media Sosial dalam Merubah Perilaku Women Entrepreneurship di Kota Bekasi. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, 15, pp. 188–195.
OECD. (2020). Coronavirus (COVID-19): SME Policy Responses.
Siswanto. (2010). Systematic Review Sebagai Metode Penelitian Untuk Mensintesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 13, pp. 326–333.
Soetjipto, H. N. (2020) Ketahanan UMKM Jawa Timur. Yogyakarta: K-Media.
Published
2021-08-08
How to Cite
FOURQONIAH, Finnah; ARANSYAH, Muhamad Fikry. Pemanfaatan Media Sosial Untuk Wirausahawan Wanita Di Masa Pandemi Covid-19: Studi Literatur Sistematis. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, [S.l.], p. 265-275, aug. 2021. ISSN 2302-8890. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/72151>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2021.v15.i02.p09.
Section
Articles