EFEK KOMPETENSI MENGHASILKAN PENGETAHUAN SEBAGAI MEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP INOVASI UKM TEKSTIL DI BALI
Abstract
Setiap organisasi bergerak dalam lingkungan dinamis, berupaya mencapai dan mempertahankan keunggulan kompetitif perlu melakukan inovasi dan karenanya membutuhkan orientasi pasar. Tujuan penelitian ini untuk mengeksplorasi peran kompetensi menghasilkan pengetahuan sebagai mediator hubungan orientasi pasar dan inovasi UKM tekstil di Bali. Desain penelitian adalah penelitian kausalitas. Sebuah survey dilakukan dan instrumen penelitian berupa kuesioner 22 item dikembangkan. Responden dalam penelitian ini adalah manajer UKM manufaktur tekstil sebanyak 70 responden. Responden diminta mengungkapkan pendapat terkait efek orientasi pasar, kompetensi menghasilkan pengetahuan,
dan inovasi pada perusahaan mereka. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan analisis SmartPLS (Partial Least Square) 3.0. Temuan utama penelitian menunjukkan bahwa kompetensi menghasilkan pengetahuan memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap inovasi. Orientasi pasar berpengaruh terhadap inovasi, orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kompetensi menghasilkan pengetahuan, dan kompetensi menghasilkan pengetahuan berpengaruh positif terhadap kemampuan inovasi. Implikasi penelitian yaitu, dalam upaya meningkatkan kemampuan inovasi UKM tekstil di Bali, manajer seharusnya konsisten dengan perilaku berorientasi pasar seperti aktivitas mendengar opini pelanggan, fokus pada komitmen pelanggan, fokus menetapkan target pelanggan; dan kompetensi menghasilkan pengetahuan seperti aktif memindai dan memanfaatkan informasi pasar.
Kata kunci: inovasi, kompetensi menghasilkan pengetahuan, orientasi pasar
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.