BMT AL - ITTIHAD STRATEGY TO FACE COMPETITION

  • Nofrizal Nofrizal University Lancang Kuning
##plugins.pubIds.doi.readerDisplayName## https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2019.v13.i01.p07

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan dan memilih strategi BMT Al-Ittihad Rumbai untuk menghadapi perubahan kompetisi di lingkungan bisnis yang dapat berasal dari lingkungan internal seperti sumber daya organisasi, keuangan, anggota, serta dari lingkungan eksternal seperti pesaing, ekonomi, politik dan lain-lain. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah EFAS, IFAS, IE Matrix, SWOT-8K Matrix, SPACE Matrix dan TWOS Matrix. Harapan kami dari penelitian ini adalah dapat membantu BMT Al-Ittihad dalam merumuskan dan memilih strategi untuk keberlanjutan BMT Al-Ittihad di masa depan. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling, yang terdiri dari para manajer dan pemimpin BMT Al-Ittihad Rumbai Pekanbaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa posisi BMT Al-Ittihad menggunakan IE Matrix, SWOT-8K Matrix dan SPACE Matrix berada pada posisi pertumbuhan, stabilisasi dan agresif. Pilihan strategi berdasarkan pada TWOS Matrix adalah penetrasi pasar, pengembangan pasar, integrasi vertikal, integrasi horisontal, dan stabilisasi (hati-hati).
Kata Kunci: lingkungan internal, lingkungan external, perumusan strategi, TWOS Matrix

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Augustina Asih Rumanti and Kevin Joseph Syauta, 2013, Determining Strategies Based on Strategic Position Analysis in Small and Medium Enterprises, International Journal of Information and Education Technology, Vol. 3, No. 4, August 2013, Hal 443-447
Bayu Agustari Adha, 2014, Pekanbaru Menggeliat Menuju Kota Metropolitan Yang Madani, Di Akses 31 Agustus 2016, Dari http://www.antarariau.com/berita/36144 /pekanbaru-menggeliat-menuju-kota- metropolitan-yang-madani
David Fred. R, 2010, Manajemen Strategik Konsep. Jakarta: Salemba Empat
David Fred. R, 2012, Manajemen Strategik Konsep. Jakarta: Salemba Empat
Dony Waluya Firdaus (2013) ‘Membangun dan Implementasi Balanced Scorecard pada Sektor Publik’, Majalah Ilmiah UNIKOM, 9. No.1(2), pp. 3–10.
Edwin hartono, 2013, Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis Jasa Kebugaran Pada
Artharaga Fitness Center, Jurnal Agora, vol.1, no.3 Februari 2013, 80-89
Hermawan, 2013, Pekanbaru Potensial Jadi Pusat Ekonomi Sumatera, di akses 31
Agustus 2016, dari http://riaupos.co/27011-arsip-hermawan-pekanbaru- potensial-jadi-pusat-ekonomi-sumatera.html#.V8bQQ1t944x
Gomatesh M. Ravanavar And Poornima M. Charantimath, 2012, Strategic Formulation Using Tows Matrix – A Case Study, International Journal Of Research And Development, Volume 1, Issue 1
Mahima Gupta, Charu Shri Dr, Anshu Agrawal Dr, 2015, Strategy Formulation for Performance Improvement of Indian Corrugated Industry: An Application of SWOT Analysis and QSPM Matrix, Journal of Applied Packaging Research: Vol. 7: No. 3, Hal 60-75
Nofrizal, 2015, Evaluasi Strategi Spartan Gym Dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard, Jurnal Daya Saing, Vol. 2, No. 2 Juni 2016, 50-59
Wheelen, dan Hunger, 2012. Strategic Management and Business Policy, Ed. 9, Prentice Hall.
Said Elbanna, 2010, Strategic planning in the United Arab Emirates, InternationalJournal of Commerce and Management, Vol. 20 No. 1, 2010 hal. 26-40
Saputro, A. S., Hidayat, K. And Yulianto, E. (2016) ‘Perencanaan Strategi Pemasaran Paket Data Kampus Dalam Persaingan Di Bidang Paket Data Internet (Studi Kasus pada PT. Telkomsel Cabang Malang)’, Jurnal Administrasi Bisnis,
36(1), pp. 163–169.
Swarsono Muhammad, 2008. Matriks & Skenario dalam Strategi, Yogyakarta: UPP STIM YKPN
Sugiyono, 2010, Statistika untuk penelitian, Bandung, Alphabets
Supriyadi, D. (2017) ‘Pengaruh Motivasi Dan Manajerial Terhadap Kinerja Karyawan Bank’, Value Journal Of Management And Business, 1(2), Pp. 139–148. Thompson, A. A., Strickland III, A. J. and Gamble, J. E. 2010. Crafting and Executing Strategy: The Quest For Competitive Advantage: Concepts and Case. Seventeenth Edition. McGraw-Hill
Robert G. Dyson, 2002, Strategic development and SWOT analysis at the University of Warwick, European Journal of Operational Research, 152 (2004), hal 631–640
Diterbitkan
2019-02-06
##submission.howToCite##
NOFRIZAL, Nofrizal. BMT AL - ITTIHAD STRATEGY TO FACE COMPETITION. Matrik : Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, [S.l.], p. 66 - 74, feb. 2019. ISSN 2302-8890. Tersedia pada: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmbk/article/view/36828>. Tanggal Akses: 04 nov. 2025 doi: https://doi.org/10.24843/MATRIK:JMBK.2019.v13.i01.p07.
Bagian
Articles