Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Bali Mandara

  • Made Susilawati Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
  • Ni Ketut Tari Tastrawati Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
  • Ni Nyoman Widiasih Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan jaminan kesehatan Bali Mandara sehingga dapat memberikan pertimbangan bagi Pemerintah daerah dalam rangka perencanaan peningkatkan kualitas kesehatan. Penelitian ini mengambil responden sebanyak 150 resoponden yang menggunakan jaminan kesehatan Bali Mandara. Dalam penelitian ini, 27 variabel yang memengaruhi kualitas pelayanan jaminan kesehatan Bali Mandara dianalisis dengan analisis faktor yang mereduksi sejumlah variabel yang ada menjadi sedikit/berarti dan menamakannya sebagai faktor. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 6 faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan jaminan kesehatan bali Mandara dengan sumbangan kumulatif sebesar 76.021%. Faktor yang paling dominan adalah faktor Bukti Langsung dengan nilai eigen sebesar 10.165 atau faktor ini mampu menjelaskan 37.648% dari seluruh total faktor-faktor yang memengaruhi kualitas pelayanan jaminan kesehatan Bali Mandara.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Susilawati, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Ni Ketut Tari Tastrawati, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Ni Nyoman Widiasih, Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Mathematics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University
Published
2014-06-30
How to Cite
SUSILAWATI, Made; TASTRAWATI, Ni Ketut Tari; WIDIASIH, Ni Nyoman. Faktor-faktor yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Jaminan Kesehatan Bali Mandara. Jurnal Matematika, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 1 - 10, june 2014. ISSN 2655-0016. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jmat/article/view/12543>. Date accessed: 12 aug. 2022. doi: https://doi.org/10.24843/JMAT.2014.v04.i01.p40.
Section
Articles

Keywords

JKBM; Analisis faktor; Kesehatan

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>