Pengaruh penyimpanan bahan makanan perishable terhadap kualitas bahan makanan di 9 rivers restaurant wyndham opi hotel palembang

  • Farun Dariska Universitas Bina Darma
  • Sholahuddin . Udayana University

Abstract

Untuk mencegah bahan makanan yang terbuang sia-sia, pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan tempat penyimpanan bahan makanan tersebut. Jika tempat penyimpanan bahan makanan sudah sesuai dengan kelompok atau klasifikasinya, bahan makanan pun tetap terjaga kualitasnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyimpanan bahan makanan Perishable terhadap kualitas bahan makanan di Wyndham Opi Hotel Palembang, khususnya pada Restoran 9 Rivers antara lain adalah bagaimana tempat penyimpanan bahan makanan Perishable, sistem food labeling dan cleaning sanitizing  nya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dan kuantitatif dengan mengambil sampel data 16 orang (staff kitchen) menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara membagikan kuisioner kemudian di analisis statistik deskriptif dengan skala likert serta statistik inferensia, yaitu uji validitas dan reliabilitas,regresi sederhana, uji determinasi dan uji t-test. Analisis data ini dibantu dengan Statistical of social science (SPSS) for windows versi 20. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, bahwa pengaruh penyimpanan bahan makanan perishable terhadap kualitas bahan makanan di 9 Rivers Restaurant Wyndham Opi Hotel Palembang dari hasil validitas yaitu nilai r tabel diatas 0,49 begitu juga dengan hasil uji reliabilitas diatas 0,600. Hasil yang diperoleh dari analisis uji regresi linear sederhana  diperoleh persamaan Y = 0,070 + 1,513 X dengan hasil determinasi yang dimana memberikan 99,9% setiap penambahan tingkat penyimpanan, lalu sama hal nya dengan uji t-test yane memperoleh persamaan 103,550 > t tabel 2,144 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima, berarti ada pengaruh signifikan antara penyimpanan bahan makanan perishable terhadap kualitas bahan makanan di 9 Rivers Restaurant Wyndham Opi Hotel Palembang. Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu adanya pengawasan atau pelatihan khusus untuk food and beverage product mengenai penyimpanan bahan makanan perishable  yang baik, teratur dan sesuai dengan SOP agar kualitas bahan makanan terjaga dengan baik dan tidak mengalami food waste.


 Kata kunci: Bahan Makanan Perishable, Kualitas Bahan Makanan, Penyimpanan Bahan Makanan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27
How to Cite
DARISKA, Farun; ., Sholahuddin. Pengaruh penyimpanan bahan makanan perishable terhadap kualitas bahan makanan di 9 rivers restaurant wyndham opi hotel palembang. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 295-305, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/89467>. Date accessed: 11 may 2024.