Strategi pemasaran dalam meningkatkan tingkat hunian kamar pada hotel infinity8 jimbaran bali
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai strategi Pemasaran dalam meningkatkan tingkat Hunian Kamar pada Hotel Infinity8 Jimbaran Bali. Pandemi Covid 19 berdampak pada penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Bali di tahun 2021, hal ini berpengaruh terhadap penurunan tingkat hunian kamar secara drastis di Hotel Infinity8 Jimbaran Bali, sehingga dibutuhkan suatu strategi pemasaran yang tepat serta efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal pemasaran, dan menganalisis strategi dan program pemasaran Hotel Infinity8 Jimbaran Bali. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif serta data kualitatif, sedangkan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling, serta teknik penentuan sampel menggunakan accidental sampling.
Berdasarkan hasil analisis lingkungan internal dan eksternal pemasaran diperoleh masing-masing lima kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), peluang (opportunities), serta ancaman (threats) yang digunakan dalam menentukan strategi dan program pemasaran. Adapun strategi dan program pemasaran yang dihasilkan merupakan strategi Strengths Opportunities (SO) yaitu menjalin hubungan kerjasama dengan travel agent serta badan organisasi, promosi produk dan layanan jasa hotel sesuai trend pasar, strategi Strengths Threats (ST) yaitu memperkuat pangsa pasar domestik, menjalankan serta menyiapkan protokol kesehatan, strategi Weakness Opportunities (WO) yaitu pengembangan produk dan fasilitas hotel, dan memberikan evaluasi dan pelatihan oleh manajemen, strategi Weakness Threats (WT) yaitu menjalin komunikasi yang baik dengan wisatawan, serta menghasilkan event yang bervariatif.
Perlu adanya peningkatan fasilitas hotel pada Hotel Infinity8 Jimbaran Bali sesuai dengan masukan atau penilaian dari wisatawan, Staf hotel tidak mempunyai daya tanggap yang baik terhadap setiap permintaan tamu, Jauh dengan pusat oleh – oleh, Hotel Infinity8 tidak memiliki parkiran yang luas serta aman, Kurangnya desain/penampilan hotel, view, serta penataan Sales yang langsung/melalui telepon menawarkan produk kepelanggan, Karyawan Hotel Infinity8 tidak cepat tanggap dalam menghadapi keluhan pelanggan, Kurangnya tempat parkir taman, Kurangnya Luas kamar hotel sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT, Hotel