Persepsi karyawan terhadap peranan supervisor front office dan housekeeping dalam pengawasan cara kerja di hotel infinity8 bali
Abstract
Adanya keluhan yang ditujukan kepada room division merupakan indikator dari kurang memuaskannya pelayanan yang diberikan. Ini disebabkan lemahnya pengawasan yang diberikan oleh room division supervisor. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan supervisor front office dan housekeeping dalam pengawasan cara kerja dan persepsi karyawan terhadap peranan supervisor front office dan housekeeping dalam pengawasan cara kerja di Hotel Infinity8 Bali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, kuesioner dan studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif, sedangkan untuk sumber data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik analisis yang digunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling, dan teknik penentuan sampel menggunakan sensus sampling. Berdasarkan hasil pembahasan akan peranan supervisor front office dan housekeeping dalam pengawasan cara kerja di Hotel Infinity8 Bali secara umum supervisor pada Hotel Infinity8 Bali sudah melaksanakan perannya baik itu peran aktif yang terdiri dari peran supervisor sebagai assessor dan trainer, decision maker, katalisator, korektor serta analisis dan pemecah masalah. Kemudian pada peran partisipatif yang sudah dijalankan yakni peran supervisor sebagai penegak aturan, motivator, dan sebagai stabilisator. Selanjutnya untuk peran yang belum dijalankan yakni pasif adalah peran supervisor sebagai inovator dan dinamisator. Secara umum peran supervisor dalam melakukan pengawasan kerja sudah menjalankan perannya secara baik dengan skor rata-rata 3,45 (baik).
Kata Kunci: Persepsi, Peranan, Supervisor, Hotel