Persepsi wisatawan serta masyarakat lokal terkait penerapan tri hita karana di pramana watu kurung resort ubud, gianyar

  • Ni Putu Sri Novi Antari UNUD
  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Dalam menghadapi situasi yang menuntut para pelaku usaha pariwisata untuk dapat terus menjalankan sektor ini kedepannya maka diperlukan upaya untuk pengembangan pariwisata dengan tetap memperhatikan situasi di sekitarnya baik itu dari segi lingkungan maupun sosial masyarakat. Salah satu upaya yang kini marak dikembangkan adalah penerapan pariwisata berkelanjutan yang secara langsung juga menyinggung hubungan antara manusia sebagai pelaku usaha dengan Tuhan, lingkungan sekitarnya, serta sesama manusia yang dikenal sebagai Konsep Tri Hita Karana.


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi dari wisatawan serta masyarakat lokal terkait dengan penerapan konsep Tri Hita Karana di Pramana Watu Kurung Resort Ubud. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, teknik penentuan sampel yang digunakan adalah Insidental Sampling dengan membagikan masing-masing 100 kuesioner kepada wisatawan serta masyarakat lokal di lingkungan sekitar lokasi hotel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian di analisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif serta Skala Guttman dalam pengolahan hasil kuesioner.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pramana Watu Kurung Resort Ubud telah menerapkan konsep Tri Hita Karana dengan cukup baik dengan hasil akhir penilaian 67,3% dari keseluruhan indikator telah diterapkan oleh pihak manajemen. Terkait dengan persepsi, dari sudut pandang wisatawan memiliki persepsi bahwa rata-rata indikator penilaian dari masing-masing variabel telah dilaksanakan dengan cukup baik, namun masih terdapat beberapa indikator yang belum terpenuhi seperti: tidak adanya sosialisasi terkait Tri Hita Karana pada wisatawan, tidak tersedianya fasilitas bagi wisatawan yang disabilitas, kurangnya penerangan di lingkungan hotel, dan beberapa indikator lainnya. Sementara dari sudut pandang masyarakat memiliki persepsi bahwa pihak hotel belum sepenuhnya menerapkan konsep Tri Hita Karana dengan baik khususnya dalam aspek Pawongan.


 


Kata kunci: Tri Hita Karana, Persepsi Wisatawan, Persepsi Masyarakat, Pramana Watu Kurung Resort Ubud

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-28
How to Cite
ANTARI, Ni Putu Sri Novi; PUTRA, Agus Muriawan; SULISTYAWATI, Agung Sri. Persepsi wisatawan serta masyarakat lokal terkait penerapan tri hita karana di pramana watu kurung resort ubud, gianyar. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 316-327, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/78215>. Date accessed: 12 july 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>