Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan di The Amasya Villas Seminyak

The Effect of Job Satisfaction on Employee Turnover Intention at The Amasya Villas Seminyak

  • Ni Kadek Candra Madya Pratiwi Udayana University
  • I Gusti Ngurah Widyatmaja Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepuasan kerja terhadap turnover intention karyawan di The Amasya Villas Seminyak. Tingginya turnover intention karyawan disebabkan karena ketidakpuasan karyawan saat bekerja. Dengan demikian masalah kepuasan kerja merupakan hal yang dapat mempengaruhi pikiran karyawan untuk keluar dari tempatnya bekerja. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari analisis deskriptif kualitatif, uji instrumen, uji asumsi klasik, skala likert, analisis regresi linier sederhana, analisis korelasi, uji-t, dan analisis determinasi. Dalam penentuan informan, penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, sedangkan teknik sampling jenuh adalah teknik penentuan informan yang digunakan dalam penelitian ini.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja memiliki nilai thitung < -ttabel (-6,998 < -1,679). Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal tersebut berarti bahwa kepuasan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention karyawan di The Amasya Villas Seminyak. Dengan demikian  jika tingkat kepuasan kerja tinggi maka semakin rendah tingkat turnover intention karyawan. Saran dalam penelitian ini adalah pihak manajemen The Amasya Villas Seminyak diharapkan lebih memperhatikan lagi rasa kenyamanan psikis karyawannya karena dengan kualitas kerja yang baik tentu akan berdampak positif juga bagi pihak manajemen The Amasya Villas Seminyak yang tentunya juga akan menurunkan niat karyawan untuk melakukan turnover.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-02-27
How to Cite
MADYA PRATIWI, Ni Kadek Candra; WIDYATMAJA, I Gusti Ngurah; PUTRA, Agus Muriawan. Pengaruh Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Karyawan di The Amasya Villas Seminyak. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 370-382, feb. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77849>. Date accessed: 28 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>