Strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di luxurious golf course view villas nusa dua bali

bila tidak ada

  • Wayan Mia Cintya Dewi udayana
  • Anak Agung Putri Sri Udayana University
  • Ni Nyoman Jamin Ariana Udayana University

Abstract

Abstrak (Bahasa Indonesia)


Penelitian ini dilakukan di Luxurious Golf Course View Villas Nusa Dua Bali yang berada di Kawasan Wisata Nusa Dua Lot S 5, Benoa, Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Penelitian ini membahas mengenai strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan program-program promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar. Villa ini mempunyai kebijakan khusus terkait pemesanan kamar baik melalui online maupun offline access yang sangat rendah, sehingga villa ini memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan tingkat hunian kamarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar dan mengetahui  program-program  promosi  untuk  meningkatkan tingkat  hunian kamar pada Luxurious Golf Course View Villas Nusa Dua Bali. Hasil penelitian ini diketahui bahwa strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar adalah dengan menerapkan strategi SO (Strength Opportunities) yang bisa mengoptimalkan sumber daya dan kekuatan yang ada pada Luxurious Golf Course View Villas. Sedangkan program-program promosi untuk meningkatkan tingkat hunian kamar adalah dengan menerapkan periklanan, personal selling, sales promotion, publicity, advertising, public relation, menentukan target penjualan atau pangsa pasar, menentukan biaya atau budget promosi, menentukan sistem yang diambil untuk melakukan promosi, melakukan evaluasi, direct marketing (penjualan lansgung), dan media luang ruang (out door). Program-program promosi ini dibagi menjadi faktor internal dimana pihak villa membuat program promosi melalui media online dan offline. Saran agar tingkat hunian kamar stabil adalah dengan meningkatkan occupancy yang tidak stabil di setiap tahun, di villa ini sangat kurang kebersihannya di area publik, kurangnya kemampuan karyawan villa dalam berbahasa asing selain Bahasa Inggris, promosi dan event yang diadakan di villa kurang bervariasi, ketika musim hujan tamu yang menginap sedikit, karena tidak bisa bermain golf.  Kata-kata yang dipakai ketika mempromosikan suatu produk villa sebaiknya lebih menarik, sehingga bisa menarik minat wisatawan untuk menginap.


Kata kunci : Strategi Pemasaran, Program-Program Promosi, Analisis SWOT

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-26
How to Cite
DEWI, Wayan Mia Cintya; PUTRI SRI, Anak Agung; JAMIN ARIANA, Ni Nyoman. Strategi pemasaran untuk meningkatkan tingkat hunian kamar di luxurious golf course view villas nusa dua bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 162-176, may 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/77484>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>