Superiors' Assessment of Room Attendant Performance in Four Points by Sheraton Kuta Bali Hotel

  • Emanuel Ternileanto Rato Universitas Udayana
  • I Nyoman Jamin Ariana Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Kebersihan kamar merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh sebuah hotel agar bias memberikan kemyamanan bagi tamu yang datang menginap. Seorang room attendant diwajibkan untuk membersihkan kamar sesuai dengan operasional standar prosedur yang ada di sebuah hotel, agar keadaan kamar menjadi bersih dan nyaman serta kinerja dari seorang room attendant juga mendapat penilaian yang baik dari tamu maupun dari atasan. Hotel Four Points by Sheraton Kuta menjadi tempat penelitian dengan tujuan untuk mengetahui penilaian atasan terhadap kinerja room attendant di Hotel Four Points By Sheraton Kuta Bali. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat beberapa standar operasional prosedur yang tidak dijalankan oleh room attendant yaitu membersihkan debu dan keadaan lantai yang lengket yang tentunya berpengaruh terhadap kinerja room attendant itu sendiri. Dalam memberikan penilaian terhadap kinerja room attendant terdapat tiga aspek yaitu kuantitas atau jumlah kamar yang bisa diselesaikan oleh room attendant, kualitas atau hasil yang dicapai oleh room attendant serta ketepatan waktu yang digunakan oleh room attendant untuk menyelesaikan kamar. Adapun beberapa program dari hotel sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja room attendant seperti: briefing pagi, evaluasi kinerja serta pemberian penghargaan kepada room attendant terbaik. Penelitian ini menghasilkan bahwa kinerja room attendant sudah sesuai dengan prosedur yang ada di Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-11-27
How to Cite
RATO, Emanuel Ternileanto; JAMIN ARIANA, I Nyoman; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Superiors' Assessment of Room Attendant Performance in Four Points by Sheraton Kuta Bali Hotel. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 185-194, nov. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/71068>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>