Efektivitas Promosi Iklan Melalui Media Sosial Dengan Metode EPIC Model Pada Cara Cara Inn Kuta, Bali

  • Roberto Malau student
  • Ni Putu Ratna Sari Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

   Promosi adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan (hotel) untuk menciptakan kesadaran, memberitahukan, membujuk dan mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian produk yang ditawarkan. Kegiatan promosi yang dilakukan sesuai dengan rencana pemasaran dan dikendalikan serta diarahkan dengan baik, diharapkan dapat berperan dengan baik dalam peningkatan penjualan. Selain itu, promosi yang baik juga dapat menjaga dan mempertahankan merek (brand) yang dimiliki perusahaan (hotel). Banyak cara yang dilakukan tiap usaha pariwisaata untuk memenangkan pasar seperti memasarkan produknya melalui media elektronik. Hal tersebut penting untuk mengkomunikasikan produk yang dimiliki terhadap minat konsumen pada saat ini. Salah satu cara yang dapat digunakan dalam melakukan komunikasi produk yaitu dengan cara melakukan promosi melalui iklan. Iklan adalah cara promosi produk dengan media elektronik, media cetak dan media social. Promosi yang dirasa efektif untuk saat ini yaitu promosi iklan melalui media social dikarenakan selain efektif dan efifsien, tidak memerlukan biaya banyak dan dapat dikerjakan dimana saja. Dalam laporan ini, penulis menggunakan 2 tujuan penelitian yakni : untuk mengetahui persepsi wisatawan terhadap promosi di Cara Cara Inn melalui media sosial, dan yang kedua untuk mengetahui efektivitas promosi iklan melalui media sosial dengan EPIC model di Cara Cara Inn.


Jenis data  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif, teknik sampel yang digunakan yaitu dengan rumus slovin dengan jumlah responden yang didapat yaitu 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif dan kuantitatif menggunakan skala likert dan EPIC Model. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persepsi wisatawan terhadap promosi iklan melalui media sosial yang dilakukan oleh Cara Cara Inn mendapatkan hasil yang baik, yaitu 4.3 empathy, 4.3 persuative, 4.09 impact, 4.09 communication. Lalu pada tujuan penelitian kedua, hasil menunjukan bahwa promosi iklan melalui media sosial dengan EPIC model di Cara Cara Inn sangat efektif dengan hasil EPIC Model 4.28.


 


Kata Kunci  :  Promosi, EPIC Model, Media Iklan, Cara Cara Inn

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-03
How to Cite
MALAU, Roberto; SARI, Ni Putu Ratna; SULISTYAWATI, Agung Sri. Efektivitas Promosi Iklan Melalui Media Sosial Dengan Metode EPIC Model Pada Cara Cara Inn Kuta, Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 162-167, jan. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/69413>. Date accessed: 29 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>