Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Bahan Makanan Di Kitchen Hotel The Patra Resort And VillasBali

  • Jenni Yuliana Gultom Universitas Udayana
  • Ni Made Ariani UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Nyoman Sri Aryanti UNIVERSITAS UDAYANA

Abstract

Penyimpanan bahan makanan sangat diperlukan penerapannya untuk meningkatkan kualitas bahan makanan itu sendiri dan menghindari bahan makanan terbuang secara sia-sia. Penyimpanan bahan makanan Hotel The Patra Jasa  Resort dan Villas mengalami biaya cukup besar pada periode tahun 2016-2017. Jenis bahan makanan terbuang atau spoil di Hotel The Patra Jasa Bali Resort and Villas yaitu jenis bahan makanan perishable dan groceries diantaranya sayuran, buah-buahan, ikan dan tepung, biji-bijian Hal ini dikarenakan karyawan foodproduct atau kitchen kurangnya menerapkan standar penyimpanan yang baik dan sehingga menyebabkan hotel mengalami kerugian dari segi financial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penyimpanan bahan makanan terhadap kualitas bahan makanan di Hotel Patra Jasa Bali Resort and Villas.


Teknik sampel ditentukan secara sensus dengan jumlah responden 40 orang responden. Analisis data yang digunakan teknik kualitatif data kuantitatif meliputi statistik deskriptif dengan skala likert dan statistik inferensia meliputi uji validitas dan reliabilitas, regresi sederhana, uji korelasi dan determinasi. Analisis data dibantu dengan Statistical of social science (SPSS) for windows versi 23.


Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penyimpanan bahan makanan terhadap kualitas makanan di hotel The Patra Resort and Villas Bali dari hasil uji korelasi dan determinasi sebesar 63,2% dan sisanya 36,2% dimana pengaruhi oleh faktor lain yang belum diteliti. Serta sebesar berpengaruh melauli uji determinasi hasil uji korelasi terdapat hubungan yang kuat antara pengaruh penyimpanan bahan makanan dengan kualitas makanan dengan nilai 0,795. Hasil yang diperoleh dari persamaaan regresi yaitu Y= 19,809+0,471X, dengan hasil uji t-test hipotesis thitung 3,334 >ttabel 2,024 taraf signifikan ? = 0,025 maka hipotesisi Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu ada pengaruh signifikan antara penyimpanan bahan makanan terhadap kualitas makanan.


Adapun saran yang dapat penulis berikan yaitu terhadap food and beverage product memberikan pelatihan dan pengawasan mengenai penyimpanan bahan makanan yang baik dan benar sesuai dengan SOP agar bahan makanan tidak mengalami spoil.


Kunci:Kata Penyimpanan bahan makanan, Bahan Makanan dan Kualitas Bahan Makanan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-12
How to Cite
GULTOM, Jenni Yuliana; ARIANI, Ni Made; SRI ARYANTI, Ni Nyoman. Pengaruh Penyimpanan Bahan Makanan Terhadap Kualitas Bahan Makanan Di Kitchen Hotel The Patra Resort And VillasBali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 158-176, aug. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/46268>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i01.p010.