Strategi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Hotel The Patra Resort and Villas Bali

  • Moh Ibnul Maarif Universitas Udayana
  • Ni Ketut Arismayanti Universitas Udayana
  • Agus Muriawan Putra Universitas Udayana

Abstract

Hotel The Patra Resort and Villas Bali merupakan salah satu hotel bintang 5 (lima) di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara yang berlokasi di daerah Tuban, Bali. Sistem manajemen pada Hotel The Patra Resort and Villas Bali mengalami perombakan karyawan terhadap setiap departmen sehingga terjadinya pengurangan jumlah karyawan pada setiap departmennya. Penurunan terbanyak terjadi di bagian operational yaitu sebanyak 21 orang sedangkan pada bagian backoffice sebanyak 9 orang. Adanya pengurangan karyawan dari Tahun 2017 sampai bulan Maret 2018 sebanyak 42 orang, sehingga jumlah karyawan pada Hotel The Patra Resort and Villas Bali berkurang banyak menjadi 251 karyawan. Pengurangan jumlah karyawan dikarenakan adanya mutasi dan demosi terhadap karyawan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi perencanaan manajemen SDM di Hotel The Patra Resort and Villas Bali. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi kepustakaan. Teknik penentuan informan yang digunakan adalah proportional ramdom sampling dan untuk teknik analisis data yang  digunakan analisis deskriptif kualitatif yang dipadukan dengan pendekatan analisis SWOT dan skala likert.


        Hasil dari penelitian ini bahwa strategi yang dapat diterapkan pada Hotel The Patra Resort and Villas Bali adalah Strategi SO: strategi optimalisasi motivasi karyawan melalui reward dan strategi sertifikasi tenaga kerja. Strategi WO: strategi mengadakan team building pada karyawan dan strategi analisis perekrutan karyawan. Strategi ST: strategi pengembangan dan pelatihan pada karyawan. Sedangkan untuk Strategi WT: strategi optimalisasi fungsi manajemen. Saran yang diberikan untuk pihak manajemen Hotel The Patra Resort and Villas Bali yaitu harus lebih memperhatikan hubungan antara karyawan, dengan adanya hubungan yang baik antara sesama karyawan dapat terjalinnya hubungan yang harmonis dan saling menghargai satu sama lain sehingga dapat mengoptimalkan perencanaan MSDM dan dapat berpengaruh positif bagi kinerja karyawan.


Kata Kunci : Strategi Perencanaan, Manajemen Sumber Daya Manusia dan Hotel

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-08-12
How to Cite
MAARIF, Moh Ibnul; ARISMAYANTI, Ni Ketut; PUTRA, Agus Muriawan. Strategi Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia di Hotel The Patra Resort and Villas Bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 211-225, aug. 2019. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/46129>. Date accessed: 26 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/JKH.2019.v03.i01.p013.