Analisis pengaruh kualitas kehidupan kerja quality of work life (qwl) terhadap kinerja karyawan pada cottage di pantai tanjung setia pesisir barat lampung

  • Anggi Yuhista UDAYANA
  • Nyoman Ariana UNIVERSITAS UDAYANA
  • Ni Ketut Arismayanti

Abstract

ABSTRAK


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Quality of Work Life (QWL) terhadap kinerja dengan cara menganalisis dua variabel yang menjadi pokok bahasan yaitu variabel independent (QWL) dan variable dependent (kinerja) pada karyawan Cottage di Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat Lampung. Teknik sampling menggunakan sampel jenuh yaitu semua anggota populasi dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan yang ada pada Cottage di Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat Lampung yang berjumlah 72 orang. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, dokumentasi, kuesioner, dan studi pustaka. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan software SPSS versi 20. Pada analisis regresi linear sederhana didapatkan hasil Y = 9,777 + 0,419X yang berarti meningkatnya skor  QWL (X) sebesar satu satuan akan diikuti oleh meningkatnya skor kinerja (Y) sebesar 0,419. Penelitian ini menunjukkan  terdapat pengaruh yang signifikan antara QWL terhadap kinerja karyaawan Cottage di Pantai Tanjung Setia Pesisir Barat Lampung dengan nilai t1-hitung adalah 20,673  lebih besar dari t-tabel sebesar 1,67  dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 (5%). Kontribusi yang diberikan variabel QWL (X) terhadap variabel kinerja (Y) adalah KD = ( r ) 2 x 100% = (0,859) 2 x 100% = 85,9%, hasil ini berarti menunjukkan variasi hubungan antara QWL terhadap kinerja sebesar 85,9% sedangkan sisanya 14,1% ditentukan oleh variabel lain di luar QWL yang tidak dibahas dalam penelitian ini.


 


Kata kunci : Quality of Work Life, Kinerja, Karyawan, Cottage di Pantai Tanjung Setia

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-10-30
How to Cite
YUHISTA, Anggi; ARIANA, Nyoman; ARISMAYANTI, Ni Ketut. Analisis pengaruh kualitas kehidupan kerja quality of work life (qwl) terhadap kinerja karyawan pada cottage di pantai tanjung setia pesisir barat lampung. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 74-92, oct. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/34229>. Date accessed: 26 apr. 2024.