Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan the legian bali hotel

  • Ni Nyoman Irnanti Anindya Udayana University
  • Nyoman Ariana Udayana University
  • Agus Muriawan Putra Udayana University

Abstract

Kepuasan kerja merupakan penilaian yang memberikan gambaran seseorang atas perasaan sikapnya senang atau tidak senang, puas atau tidak puas dalam bekerja. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  faktor-faktor apakah yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di The Legian Bali Hotel Seminyak dan faktor apa saja yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan di The Legian Bali Hotel Seminyak. Metode penentuan sampel menggunakan teknik Proportionate Stratifield Random Sampling, dan menggunakan rumus Slovin dengan memperoleh 78 orang responden yang diberikan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan di The Legian Bali Hotel Seminyak adalah terdiri dari tiga faktor yaitu : faktor sosial, faktor financial serta faktor organisasi dan manajemen. Faktor dominan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja adalah faktor sosial yang memiliki nilai eigenvalue 8.762 dan memiliki variance sebesar 58.413%. Berdasarkan hasil penelitian kesimpulannya yaitu faktor sosial, faktor financial serta faktor organisasi dan manajemen secara bersama-sama perlu mendapat perhatian dalam usaha untuk lebih meningkatkan kepuasan kerja karyawan, karena faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh yang cukup bermakna dan juga hendaknya faktor-faktor lainnya seperti fisik dan psikologis perlu mendapat perhatian, hal ini dikarenakan faktor tersebut juga mampu mempengaruhi kepuasan kerja karyawan.


 


Kata Kunci: analisis faktor, kepuasan kerja, karyawan.


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-01
How to Cite
IRNANTI ANINDYA, Ni Nyoman; ARIANA, Nyoman; MURIAWAN PUTRA, Agus. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan the legian bali hotel. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-8, apr. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/30904>. Date accessed: 29 mar. 2024.