Analisis kualitas pelayanan room attendant terhadap tingkat kepuasan pelanggan di hotel golden tulip devins seminyak bali

  • Eka Mardian Hadi Nata Udayana University
  • Ida Bagus Ketut Astina Udayana University
  • Agung Sri Sulistyawati Sri Sulistyawati Udayana University

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan Room Attendant terhadap tingkat kepuasan pelanggan di Hotel Golden Tulip Devins Seminyak Bali. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan studi kepustakaan. Jenis data yang digunakan kualitatif  dan kuantitatif, sedangkan sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik penentuan sampel menggunakan Quota Sampling, sedangkan teknik analisis data  menggunakan ananalisis Importance Performance Analysis.Dari hasil penelitian hasil tabulasi skor kinerja karyawan Room Attendant yang berdasarkan pada penilaian wisatawan penilaian keseluruhan berjumlah 6257 dengan rata-rata 3,13%, dari total keseluruhan di kategorikan cukup baik. Hasil tabulasi penilaian kepentingan total untuk derajat kepentingan sebesar 8241 dengan rata-rata 4,12% dan dikategorikan penting. Hasil perhitungan tersebut diperoleh tingkat kepuasan tamu sebesar 68,99% sehingga dapat dikatakan secara umum tamu cukup puas terhadap kualitas pelayanan Room Attendant di Hotel Golden Tulip Devins Seminyak.Berdasarkan simpulan tersebut, maka dapat disimpulkan beberapa saran yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Hotel Golden Tulip Devins Seminyak, diantaranya adalah memaksimalkan seluruh indikator yang dianggap cukup puas oleh wisatawan kaitannya untuk mencapai kualitas pelayanan Room Attendant di Hotel Golden Tulip Devins Seminyak.


 


 Kata Kunci: Room Attendant,  Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-04-30
How to Cite
MARDIAN HADI NATA, Eka; KETUT ASTINA, Ida Bagus; SRI SULISTYAWATI, Agung Sri Sulistyawati. Analisis kualitas pelayanan room attendant terhadap tingkat kepuasan pelanggan di hotel golden tulip devins seminyak bali. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 47-54, apr. 2017. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/30912>. Date accessed: 24 apr. 2024.