Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Wisatawan Domestik di 9/11 Cafe and Concept Store Kota Denpasar

  • Muhammad Rizky Agus Widdyanto Universitas Udayana
  • IB Ketut Astina Udayana University
  • Ni Ketut Arismayanti Udayana University

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan domestik yang berkunjung ke 9/11 Café and Concept Store, sehingga diperlukan analisis faktor untuk mengetahui keputusan pembelian wisatawan domestik di 9/11 Cafe and Concept Store. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik wisatawan domestik yang berkunjung, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan domestik, dan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan domestik di 9/11 Café and Concept Store. “eknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi, wawancara, dan kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan sampel yaitu Accidental Sampling dengan menggunakan metode rumus Slovin dan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan tujuh indikator yaitu product, price, promotion, place, people, process, dan physical evidence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat enam faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian wisatawan domestik di 9/11 Café and Concept Store. Adapun faktor tersebut adalah faktor 1 (harga) memiliki eigenvalue sebesar 9,510 dan memiliki percentage of variance sebesar 38,042 persen, faktor 2 (lokasi) memiliki eigenvalue sebesar 1,490 dan memiliki percentage of variance sebesar 5,958 persen, faktor 3 (kualitas makanan) memiliki eigenvalue sebesar 1,459 dan memiliki percentage of variance sebesar 5,836 persen, faktor 4 (proses) memiliki eigenvalue sebesar 1,345 dan memiliki percentage of variance sebesar 5,381 persen, faktor 5 (bukti fisik) memiliki eigenvalue sebesar 1,049 dan memiliki percentage of variance sebesar 4,198 persen, dan faktor 6 (produk) memiliki eigenvalue sebesar 1,034 dan memiliki percentage of variance sebesar 4,136 persen.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-19
How to Cite
AGUS WIDDYANTO, Muhammad Rizky; ASTINA, IB Ketut; ARISMAYANTI, Ni Ketut. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Wisatawan Domestik di 9/11 Cafe and Concept Store Kota Denpasar. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 203-219, jan. 2024. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/69921>. Date accessed: 21 nov. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>