Persepsi masyarakat desa penatahan terhadap dikembangkannya desa penatahan sebagai desa wisata di kecamatan penebel, kabupaten tabanan

  • Agus Muriawan Putra Udayana University
  • I Nyoman Tri Sutaguna Udayana University

Abstract

Keberadaan sektor pariwisata di Desa Penatahan semakin berkembang. Lokasi wisata andalan di Desa Penatahan adalah Air Panas Penatahan dan Bali Silent Retreat. Air Panas Penatahan terletak di atas areal 2,1 hektar, di mana kawasan daya tarik wisata ini memiliki sarana yang lengkap seperti lahan parkir yang cukup luas, restoran, cafeteria, dan resort sebagai tempat menginap, serta dikelilingi oleh taman-taman tertata rapi, sehingga pemandian air panas ini terbilang cukup spesial dan wajib dikunjungi. Serta Bali Silent Retreat yang lokasinya dikelilingi persawahan, hutan, dan sumber air panas sangat cocok untuk menenangkan pikiran dan jiwa dalam suasana keheningan. 


Desa Penatahan memiliki peluang besar untuk dikembangkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Tabanan. Potensi wisata yang dimiliki Desa Penatahan memerlukan pengkemasan, pengelolaan, kreativitas, dan inovasi dari masyarakat Desa Penatahan untuk dapat menjadi daya tarik wisata yang kompetitif. Termasuk juga diperlukan pendapat atau persepsi masyarakat Desa Penatahan berkaitan dengan dikembangkannya Desa Penatahan sebagai desa wisata di Kabupaten Tabanan.


Pendekatan metode kualitatif dengan perpaduan FGD, Matrik SWOT, dan Analisis Skala Likert untuk mendapatkan berbagai pendapat atau persepsi masyarakat Penatahan berkaitan dengan pengembangan Desa Penatahan sebagai desa wisata di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan. Hasil analisis data ditampilkan secara deskriptif kualitatif yang menyajikan pendapat/persepsi masyarakat berdasarkan sudut pandang responden yang kemudian diinterpretasi oleh Tim Peneliti.


Kata Kunci:           Persepsi Masyarakat, Partisipasi Masyarakat, Pengembangan Desa   Wisata, Pariwisata Kerakyatan Berkelanjutan


 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-08-14
How to Cite
PUTRA, Agus Muriawan; SUTAGUNA, I Nyoman Tri. Persepsi masyarakat desa penatahan terhadap dikembangkannya desa penatahan sebagai desa wisata di kecamatan penebel, kabupaten tabanan. Jurnal Kepariwisataan dan Hospitalitas, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 160-168, aug. 2023. ISSN 2581-0669. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/jkh/article/view/105726>. Date accessed: 11 may 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>