Hubungan Umur, Bobot dan Karkas Sapi Bali Betina yang Dipotong Di Rumah Potong Hewan Temesi

  • Wisnu Pradana Udayana University
  • Mas Djoko Djoko Udayana University
  • I Ketut Suada Udayana University

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bobot dan umur sapi bali betina yang dipotong di Rumah Pemotongan Hewan Temesi dengan bobot karkas yang dihasilkan. Hasil dari penelitian ini didapat bobot minimal dari sapi yang dipotong sebesar 208 kg, bobot maksimal 276 kg, dan bobot rata-rata 229,27 kg. Umur minimal sapi yang dipotong berumur tiga tahun, maksimal tujuh tahun dengan rata-rata berumur 4,633 tahun. Bobot karkas minimal sebesar 73,2 kg, bobot karkas maksimal 145, 2 kg dan rata-rata bobot karkas sebesar 99,487 kg. Hasil korelasi (r) untuk umur dengan bobot karkas sebesar 0,392, sehingga tidak terdapat hubungan antara umur dengan bobot karkas. Korelasi bobot dengan bobot karkas sebesar 0, 995, sehingga terdapat korelasi yang tinggi. Sehingga dapat disimpulkan umur tidak berpengaruh signifikan terhadap bobot karkas sapi bali betina, sedangkan bobot berpengaruh terhadap bobot karkas yang dihasilkan. Dalam penelitian ini didapat persentase karkas terhadap bobot sebesar 43,7 %. Sehingga didapat rumus korelasi Y = 0,437X, yang dapat diartikan bobot karkas sapi bali betina yang dipotong di RPH Temesi sebesar 0,437 dari bobot sapi tersebut, dengan korelasi 0,995 atau 99,5 %.

Dapat disimpulkan bahwa umur tidak berpengaruh terhadap bobot karkas yang dihasilkan sehingga disarankan kepada masyarakat untuk menentukan bobot karkas sapi bali betina sebaiknya tidak melihat umur dari sapi bali betina tersebut. Sedangkan bobot badan dari sapi bali betina berpengaruh terhadap bobot karkas yang dihasilkan, sehingga masyarakat dapat mengetahui bobot karkas sapi bali betina dengan melihat bobot badan dari sapi bali betina tersebut. Bobot karkas sapi bali betina yang dipotong di RPH Temesi sebesar 43,7 % dari bobot badan, dengan koefisen korelasi sebesar 99,5 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wisnu Pradana, Udayana University

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana

Mas Djoko Djoko, Udayana University

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana

I Ketut Suada, Udayana University

Laboratorium Kesehatan Masyarakat

Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana

Published
2014-01-04
How to Cite
PRADANA, Wisnu; DJOKO, Mas Djoko; SUADA, I Ketut. Hubungan Umur, Bobot dan Karkas Sapi Bali Betina yang Dipotong Di Rumah Potong Hewan Temesi. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], jan. 2014. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/8555>. Date accessed: 28 mar. 2024.
Section
Articles

Keywords

umur, bobot, bobot karkas, korelas