Fluktuasi Bedah Sterilisasi pada Anjing Di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Tahun 2008-2012

  • Putu Oka Arya Udayana University
  • I Gusti Agung Gede Putra Pemayun Udayana University
  • Anak Agung Gede Jaya Gede Jaya Udayana University

Abstract

Penelitian tentang fluktuasi bedah sterilisasi pada anjing di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana tahun 2008-2012 telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fluktuasi dalam setiap tahunnya jumlah anjing jantan dan betina yang dilakukan sterilisasi dari tahun 2008 s/d tahun 2012. Di samping itu juga dilakukan pengambilan data untuk mengetahui bedah sterilisasi pada anjing di RSH Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana setiap bulannya dalam satu tahun mulai dari tahun 2008-2012 disajikan dalam bentuk grafik.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, data diambil dari buku catatan harian pasien di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana. Berdasarkan catatan buku harian pasien sterilisasi dapat diketahui jenis sterilisasi yaitu kastrasi dan ovariohysterectomy dalam setiap tahunnya selama 5 tahun disajikan dalam bentuk persentase dan dinyatakan dalam tabel.

Hasil penelitian menunjukkan adanya fluktuasi bedah sterilisasi pada anjing di RSH Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana selama 5 tahun terakhir dari 2008-2012, juga jumlah kastrasi pada anjing selama 2008-2012 lebih banyak dibanding dengan ovariohysterectomy di samping itu terlihat adanya kecenderungan terjadi penurunan jumlah sterilisasi pada anjing dari tahun 2009 sampai tahun 2012.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Putu Oka Arya, Udayana University
Laboratorium Bedah Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan
I Gusti Agung Gede Putra Pemayun, Udayana University
Laboratorium Bedah Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan
Anak Agung Gede Jaya Gede Jaya, Udayana University
Laboratorium Bedah Rumah Sakit Hewan Pendidikan, Fakultas Kedokteran Hewan
Published
2014-01-04
How to Cite
ARYA, Putu Oka; PEMAYUN, I Gusti Agung Gede Putra; GEDE JAYA, Anak Agung Gede Jaya. Fluktuasi Bedah Sterilisasi pada Anjing Di Rumah Sakit Hewan Pendidikan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Tahun 2008-2012. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], jan. 2014. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/8554>. Date accessed: 24 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

Fluktuasi, bedah sterilisasi, anjing.