Laporan Kasus: Penanganan Urolithiasis Hemoragi pada Kucing Domestik Rambut Pendek dengan Pemberian Ekstrak Desmodium styracifolium

  • Nurmauliah Syaharuddin Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Sri Kayati Widyastuti Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar Bali
  • I Wayan Batan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar Bali
  • Andi Fidiah Fasirah Jafar Klinik Hewan Pendidikan Universitas Hasanuddin Sunu

Abstract

Urolithiasis adalah pembentukan batu ginjal atau kristal dalam sistem urinari.  Penyakit ini terjadi karena komposisi pakan yang tidak sehat dan ketidakseimbangan nutrisi.  Tujuan pemeriksaan pada kucing kasus adalah untuk mengetahui gangguan saluran kemih yang menyebabkan kesulitan urinasi pada kucing kasus.  Temuan klinis dari pemeriksaan yaitu kucing kesulitan dalam urinasi dengan volume urin yang sedikit serta rasa nyeri dan tidak nyaman saat dilakukan palpasi di bagian hipogastrium medial (vesika urinaria).  Saat diperhatikan, kucing mengalami hematuria saat berkemih.  Pemeriksaan laboratorium berupa uji sedimentasi urin dan uji dipstick untuk mengetahui endapan kristal pada urin kucing kasus ditemukan endapan kristal struvit dan nilai pH urin sebesar 8,0 serta positif ada darah.  Pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan USG dilakukan untuk melihat gambaran vesika urinaria ditemukan tampakan hyperechoic.  Berdasarkan anamnesis, pemeriksaan fisik, pemeriksaan klinis, dan pemeriksaan penunjang, dapat disimpulkan bahwa kucing kasus didiagnosis urolithiasis hemoragi.  Terapi kausatif dilakukan dengan pemberian ekstrak Desmodium styracifolium 3 mg/kg BB PO q48h, terapi simtomatik dengan pemberian antiradang dan antinyeri Meloxicam 0,3 mg/kg BB PO q12h, dan terapi antibiotik dengan pemberian Ciprofloxacin 5 mg/kg BB q12h serta anjuran pemberian pakan untuk kucing penderita gangguan saluran kemih.  Kucing kasus menjalani rawat jalan sesuai permintaan pemilik dan sebelum dipulangkan dipastikan kucing dalam keadaan baik dan dalam kondisi sadar setelah anestesi untuk keperluan pemasangan kateter.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sri Kayati Widyastuti, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar Bali

Laboratorium Ilmu Penyakit Dalam Veteriner

I Wayan Batan, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana Denpasar Bali

Laboratorium Diagnosis Klinik, Patologi Klinik dan Radiologi

Published
2022-09-30
How to Cite
SYAHARUDDIN, Nurmauliah et al. Laporan Kasus: Penanganan Urolithiasis Hemoragi pada Kucing Domestik Rambut Pendek dengan Pemberian Ekstrak Desmodium styracifolium. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 744-757, sep. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/76199>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.5.744.
Section
Case Report