Nilai Eritrosit, Hemoglobin, Hematokrit, dan Indeks Eritrosit pada Anjing Penderita Dermatitis yang Diberikan Madu Trigona

  • Nisha Aisya Sutadisastra Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Nyoman Suartha Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Luh Made Sudimartini Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pemberian madu trigona segar dan madu trigona kapsul terhadap nilai eritrosit, hemoglobin, hematokrit, dan indeks eritrosit pada anjing penderita dermatitis.  Penelitian ini menggunakan sampel darah dari 14 ekor anjing berusia antara 2-6 bulan yang dibagi ke dalam tiga kelompok: kelompok I (2 ekor) sebagai kelompok kontrol (tidak diberikan madu), kelompok II (6 ekor) diberi madu trigona segar sebanyak 5 mL/hari, dan kelompok III (6 ekor) diberi madu trigona kapsul dengan takaran 110 mg/hari.  Pemberian madu trigona dilakukan secara oral setiap hari sekali pada sore hari selama 35 hari.  Pengambilan darah dilakukan seminggu sekali pada minggu ke-0, ke-1, ke-2, ke-3, ke-4, dan ke-5.  Pengujian sampel darah dilakukan dengan alat hematology analyzer, data yang diperoleh dianalisis dengan uji sidik ragam pola berjenjang.  Hasil analisis nilai eritrosit, hemoglobin, hematokrit, dan indeks eritrosit pada anjing penderita dermatitis menunjukkan bahwa pemberian madu trigona segar maupun madu trigona kapsul secara oral tidak berbeda nyata (p>0,05) dengan kelompok kontrol.  Dapat disimpulkan pemberian madu trigona dengan takaran yang diberikan belum mampu meningkatkan jumlah eritrosit, hemoglobin, hematokrit, dan indeks eritrosit ke batas normal pada anjing penderita dermatitis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Nyoman Suartha, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Ilmu Penyakit Dalam Veteriner

Luh Made Sudimartini, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Fisiologi, Farmakologi, dan Farmasi Veteriner

Published
2022-01-31
How to Cite
SUTADISASTRA, Nisha Aisya; SUARTHA, I Nyoman; SUDIMARTINI, Luh Made. Nilai Eritrosit, Hemoglobin, Hematokrit, dan Indeks Eritrosit pada Anjing Penderita Dermatitis yang Diberikan Madu Trigona. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 126-136, jan. 2022. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/72820>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2022.11.1.126.
Section
Original Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>