Kajian Pustaka: Pemanfaatan Eksopolisakarida Bakteri Asam Laktat Probiotik Asal Produk Pangan Fermentasi sebagai Imunomodulator

  • Nur Ashiddiqi Mundiri Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Imam Megantara Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran
  • Trianing Tyas Kusuma Anggaeni Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Abstract

Meningkatnya kasus yang terkait dengan sistem imun, seperti infeksi mendorong para peneliti untuk menemukan alternatif imunomodulator baru yang aman dan efektif. Eksopolisakarida adalah polisakarida hasil sintesis dari bakteri asam laktat yang dilepaskan pada ekstraseluler sel. Umumnya, eksopolisakarida digunakan sebagai peningkat tekstur dan cita rasa pada industri pangan, namun eksopolisakarida diketahui memiliki potensi sebagai imunomodulator yang berperan dalam sistem imun bawaan pada pencernaan. Eksopolisakarida bakteri asam laktat mampu meningkatkan sistem imun bawaan melalui peran dari gut associated lymphoid tissue (GALT). Penggunaan eksopolisakarida sebagai imunomodulator telah banyak dilakukan yang dibuktikan secara in vitro dan in vivo pada hewan uji tikus dan mencit, dan diperoleh hasil berupa peningkatan aktivitas makrofag, produksi sitokin serta mampu menstimulasi pembentukan IgA. Studi literatur ini membahas mengenai eksopolisakarida sebagai imunomodulator yang meliputi pemanfaatan eksopolisakarida yang dihasilkan oleh bakteri asam laktat dan mekanisme kerja dari bakteri asam laktat dalam mempengaruhi sistem imun bawaan. 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Imam Megantara, Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Departemen Ilmu Kedokteran Dasar

Trianing Tyas Kusuma Anggaeni, Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran

Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat

Published
2020-09-30
How to Cite
MUNDIRI, Nur Ashiddiqi; MEGANTARA, Imam; ANGGAENI, Trianing Tyas Kusuma. Kajian Pustaka: Pemanfaatan Eksopolisakarida Bakteri Asam Laktat Probiotik Asal Produk Pangan Fermentasi sebagai Imunomodulator. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 849-859, sep. 2020. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/66486>. Date accessed: 29 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.19087/imv.2020.9.5.849.
Section
Review Article

Most read articles by the same author(s)