Aktivitas Alanine Aminotransferase dan Aspartate Aminotransferase pada Anjing Penderita Transmissible Venereal Tumor yang Diobati dengan Vincristine

  • Reydanisa Noor Madania Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Gde Jaya Jayawardhita Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Anak Agung Sagung Kendran Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Vincristine merupakan bahan yang digunakan sebagai kemoterapi untuk menanganai kasus transmissible venereal tumor (TVT). Obat ini dimetabolisme di hati dan memiliki potensi yang tinggi untuk menyebabkan kerusakan pada sel hati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas alanine aminotransferase (ALT) dan aspartate aminotransferase (AST) pada anjing penderita TVT yang diobati dengan vincristine. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah anjing betina yang menderita TVT berpemilik yang datang ke Rumah Sakit Hewan Universitas Udayana untuk diobati dengan vincristine. Perlakuan dalam penelitian ini adalah pemberian vincristine terhadap anjing penderita TVT hingga sembuh dengan interval pemberian tujuh hari sekali. Pengamatan dilakukan pada nilai aktivitas ALT dan AST sebelum pemberian vincristine dan setelah kesembuhan. Data dianalisis dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian vincristine pada anjing penderita TVT berpengaruh nyata terhadap peningkatan aktivitas ALT dan AST.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Anak Agung Gde Jaya Jayawardhita, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Bedah Veteriner

Anak Agung Sagung Kendran, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Laboratorium Patologi Klinik, Diagnostik Klinik, dan Radiologi Veteriner

Published
2019-05-31
How to Cite
MADANIA, Reydanisa Noor; JAYAWARDHITA, Anak Agung Gde Jaya; KENDRAN, Anak Agung Sagung. Aktivitas Alanine Aminotransferase dan Aspartate Aminotransferase pada Anjing Penderita Transmissible Venereal Tumor yang Diobati dengan Vincristine. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], p. 366-375, may 2019. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/51226>. Date accessed: 27 apr. 2024.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>