Ketahanan Bakteri Asam Laktat (BAL) Isolat 9A Hasil Isolas dari Kolon Sapi Bali terhadap pH Rendah dan Natrium Deoksikolat (NaDC)

  • Andri Nurdiana Febrianti Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
  • I Wayan Suardana Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
  • I Nyoman Suarsana Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana

Abstract

Bakteri asam laktat (BAL) merupakan salah satu kelompok bakteri probotik, yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan manusia dan hewan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bakteri asam laktat isolat 9A yang merupakan hasil isolasi dari kolon sapi bali sebagai kandidat probiotik yang memiliki ketahanan terhadap pH rendah dan Natrium Deoksikolat (NaDC). Penelitian dilakukan melalui beberapa tahap yakni tahap pertama diawali dengan uji kultivasi yang bertujuan untuk memastikan isolat tidak terkontaminasi mikroorganisme selain bakteri asam laktat, yang meliputi uji pertumbuhan pada media MRS cair, uji katalase, dan pewarnaan Gram. Tahap kedua meliputi pengujian ketahanan isolat 9A terhadap pH rendah (pH 2, 3, dan 4) dan uji NaDC dengan konsentrasi 0,2 mM, 0,4 mM dan 0,6 mM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa isolat 9A memiliki sifat dapat tumbuh baik pada media MRS cair dengan suasana anaerob, uji katalase negatif, dan termasuk bakteri Gram positif. Pada uji ketahanan terhadap pH rendah dan NaDC, isolat 9A memiliki daya tumbuh pada media dengan pH 2 dan NaDC dengan konsentrasi sampai 0,6 mM. Hasil ini menunjukkan bahwa isolat 9A memiliki ketahanan terhadap pH rendah dan NaDC, yang merupakan syarat utama dari probiotik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Andri Nurdiana Febrianti, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan,
I Wayan Suardana, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner
I Nyoman Suarsana, Fakultas Kedokteran Hewan, Universitas Udayana
Laboratorium Biokimia Veteriner
Published
2016-10-30
How to Cite
FEBRIANTI, Andri Nurdiana; SUARDANA, I Wayan; SUARSANA, I Nyoman. Ketahanan Bakteri Asam Laktat (BAL) Isolat 9A Hasil Isolas dari Kolon Sapi Bali terhadap pH Rendah dan Natrium Deoksikolat (NaDC). Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], oct. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/26975>. Date accessed: 22 june 2021.
Section
Articles

Keywords

Bakteri asam laktat, probiotik, pH rendah, Natrium Deoksikolat, isolat BAL 9A, kolon sapi Bali