Profil Umur, Jenis Kelamin, Berat Badan dan Jejas Eksternal pada Kulit Sapi Bali yang Disembelih di Rumah Potong Hewan Kota Denpasar Periode Mei-Juni 2015

  • I Made Yuda Yuliantika Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • Ida Bagus Windia Adnyana Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
  • I Made Sukada Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran profil umur, jenis kelamin, berat badan danjejas eksternal pada kulit sapi bali yang disembelih di Rumah Potong Hewan Kota Denpasar periode Mei-Juni 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, menggunakan metode survey. Padapenelitian ini digunakan 200 ekor sapi bali, tercatat umur sapi bali yang disembelih paling tinggi beradapada kisaran umur dibawah 2 tahun dengan jumlah 58 ekor (29%). Dari jenis kelamin menunjukansebanyak 147 ekor (73,5%) berjenis kelamin betina dan hanya 53 ekor (26,5%) berjenis kelamin jantan.Dari berat badan yang di potong terbanyak berada pada kategori berat 300-400 kg. Dari penelitiantersebut ditemukan jejas eksternal pada 2 ekor sapi (1%) dari 200 ekor sapi yang diamati di RPH kotaDenpasar. Hasil penelitian ini mengindikasikan diperlukan perhatian khusus dari pemerintah Balikhususnya dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan terkait untuk mengambil langkah antisipasi untukmencegah berkurangnya populasi sapi Bali di masa-masa mendatang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Made Yuda Yuliantika, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Hewan
Ida Bagus Windia Adnyana, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Patologi Veteriner
I Made Sukada, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Udayana
Laboratorium Kesehatan Masyarakat Veteriner
Published
2016-08-18
How to Cite
YULIANTIKA, I Made Yuda; ADNYANA, Ida Bagus Windia; SUKADA, I Made. Profil Umur, Jenis Kelamin, Berat Badan dan Jejas Eksternal pada Kulit Sapi Bali yang Disembelih di Rumah Potong Hewan Kota Denpasar Periode Mei-Juni 2015. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], aug. 2016. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/24931>. Date accessed: 14 aug. 2020.
Section
Articles

Keywords

profil pemotongan, jejas eksternal, sapi bali, RPH.