Efektivitas Penambahan ?-Karoten dan Glutathion pada Bahan Pengencer Terhadap Motilitas dan Daya Hidup Spermatozoa pada Semen Beku Sapi

  • INDRA GUNAWAN Universitas Udayana
  • DESAK NYOMAN DEWI INDIRA LAKSMI Universitas Udayana
  • I GUSTI NGURAH BAGUS TRILAKSANA Universitas Udayana

Abstract

Sapi bali merupakan salah satu sumber daya genetik ternak asli Indonesia dan satu-satunya di dunia. Salah satu upaya untuk meningkatkan populasi sapi bali adalah dengan menerapkan teknologi inseminasi buatan. Salah satu tahapan dalam inseminasi buatan adalah pembekuan semen memungkinkan spermatozoa disimpan dalam waktu yang cukup lama dan dapat digunakan kapan saja untuk pelaksanaan inseminasi buatan pengganti kawin alam. Dalam proses pengolahannya, semen banyak berkontak dengan udara luar yang mengandung banyak oksigen. Hal ini akan mempercepat metabolisme serta dapat menimbulkan reaksi peroksidasi lipida yang dapat menyebabkan rusaknya membran plasma sel spermatozoa. Untuk mengatasi peroksidasi lemak membran akibat adanya radikal bebas maka dalam bahan pengencer semen perlu ditambahkan antioksidan, diantaranya adalah ?-karoten dan glutathion. pada penelitian ini dikaji mengenai efektivitas penambahan ?-karoten dan glutathion pada bahan pengencer semen sapi bali yang akan disimpan beku dalam mempertahankan motilitas dan daya hidup spermatozoa post thawing. Pada penelitian ini dilakukan penambahan antioksidan pada bahan pengencer semen sapi bali yaitu ?-karoten dan glutathion dengan berbagai konsentrasi. ?-karoten 0,001%, 0,002% dan 0,003%, glutathion 0,5mM, 1mM dan 1,5mM serta kontrol yaitu tanpa penambahan antioksidan. Motilitas dan daya hidup spermatozoa pada penambahan ?-Karoten yang terbaik terdapat pada konsentrasi 0,002%, sedangkan glutathion terdapat pada konsentrasi 1Mm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-10-08
How to Cite
GUNAWAN, INDRA; INDIRA LAKSMI, DESAK NYOMAN DEWI; TRILAKSANA, I GUSTI NGURAH BAGUS. Efektivitas Penambahan ?-Karoten dan Glutathion pada Bahan Pengencer Terhadap Motilitas dan Daya Hidup Spermatozoa pada Semen Beku Sapi. Indonesia Medicus Veterinus, [S.l.], oct. 2012. ISSN 2477-6637. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/imv/article/view/1885>. Date accessed: 25 apr. 2024.
Section
Articles

Keywords

spermatozoa, B-karoten, Glutation, Motilitas, Antioksidan

Most read articles by the same author(s)