GAMBARAN KELELAHAN MATA (ASTHENOPIA) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2018 SETELAH BERLAKUNYA KULIAH ONLINE

  • NI MADE ERNITA REFAYANTI program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter
  • Ni Made Laksmi Utari 2Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • Ni Made Ayu Surasmiati 2Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia
  • I Wayan Eka Sutyawan
  • I Made Sudarmaja

Abstract

Asthenopia tergolong kejadian yang sering terjadi yang dapat menyebabkan masalah kesehatan mata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka prevalensi dan gambaran kelelahan mata (asthenopia) pada mahasiswa Program Studi Sarjana  Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018 setelah berlakunya kuliah online. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian berjenis deskriptif analitik dengan rancangan cross-sectional, sebanyak 220 sampel. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner melalui google form. Dari 220 sampel didapatkan prevalensi kejadian asthenopia 98.18% dengan kejadian terbanyak adalah asthenopia ringan. Didapatkan perbedaan bermakna pada distribusi asthenopia berdasarkan jenis kelamin, penggunaan laptop atau komputer (p<0,05) dan tidak ditemukan perbedaan yang bermakna pada distribusi asthenopia berdasarkan penggunaan handphone (p?0,05).  Penggunaan laptop atau komputer yang lebih dari 8 jam paling banyak ditemukan pada kejadian asthenopia sedang dan berat.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Wayan Eka Sutyawan

Departemen Ilmu Kesehatan Mata, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

I Made Sudarmaja

Departemen Parasitologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Bali, Indonesia

Published
2022-05-18
How to Cite
REFAYANTI, NI MADE ERNITA et al. GAMBARAN KELELAHAN MATA (ASTHENOPIA) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA ANGKATAN 2018 SETELAH BERLAKUNYA KULIAH ONLINE. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 45-49, may 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/79803>. Date accessed: 28 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i05.P08.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>