HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP KEJADIAN DBD DI DESA PEMECUTAN KLOD, KECAMATAN DENPASAR BARAT

  • Made Sushmita Dharmasuari
  • I Made Sudarmaja

Abstract

Faktor risiko yang berpengaruh terhadap penyebaran DBD adalah perilaku masyarakat dalam melakukan pencegahan DBD. Keberhasilan program pencegahan DBD bergantung pada tingkat pengetahuan masyarakat terhadap DBD, dan pemahaman terhadap pentingnya menerapkan upaya pencegahan DBD dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan masing – masing.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dan perilaku pencegahan DBD terhadap kejadian DBD di Desa Pemecutan Kelod, Kecamatan Denpasar Barat.  Penelitian ini berjenis analitik, dengan metode pendekatan cross-sectional. Sampel dipilih dengan cara consecutive sampling yang berjumlah 75 responden. Hasil analisis hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian DBD diperoleh nilai signifikansi 0,005 kurang  dari ? = 5% (0,005< 0,05) yang menunjukkan tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian DBD di Banjar Monang-Maning Desa Pemecutan Klod. Pada 75 responden, terdapat  3 responden memiliki perilaku pencegahan yang kurang (4%), 12 responden memiliki perilaku pencegahan yang cukup (16%), dan 60 responden (60%) memiliki perilaku pencegahan yang baik. Pada 3 responden yang memiliki perilaku pencegahan yang kurang (4%), tidak terdapat kejadian DBD pada seluruh responden (0%). Pada 12 responden dengan pengetahuan cukup, terdapat  kejadian DBD  pada 3 responden (25,0%). Pada 60 responden (60%) yang memiliki perilaku pencegahan yang baik, terdapat kejadian DBD pada 9 responden (75%). Setelah dilakukan uji Fisher’s Exact diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,644 lebih  dari ? = 5% (0,644 > 0,05). Hal ini menunjukkan terdapat hubungan antara perilaku pencegahan dan kejadian DBD.


Kata Kunci : Demam Berdarah Dengue, Pengetahuan, Perilaku, Pencegahan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Made Sushmita Dharmasuari

1 Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Sudarmaja

2, Bagian Parasitologi, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-04-01
How to Cite
DHARMASUARI, Made Sushmita; SUDARMAJA, I Made. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) TERHADAP KEJADIAN DBD DI DESA PEMECUTAN KLOD, KECAMATAN DENPASAR BARAT. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 4, apr. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/50005>. Date accessed: 19 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>