GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I DENPASAR BARAT TAHUN 2019

  • Olivia Vanya Wardoyo
  • Wayan Citra Wulan Sucipta Putri
  • Dyah Pradnyaparamita Duarsa

Abstract

Tingginya angka kejadian demam berdarah dengue (DBD) menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Upaya pencegahan memegang peranan yang sangat penting di dalam menekan angka kejadian kasus dengue. Keberhasilan pencegahan DBD dipengaruhi oleh pemahaman serta tingkat pengetahuan masyarakat mengenai DBD itu sendiri. Namun, kurangnya pemahaman dan tidak cukupnya pengetahuan masyarakat mengenai DBD akan berdampak pada sikap dan tindakan yang kurang tepat dalam pelaksanaan kegiatan preventif dari DBD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan tindakan pencegahan DBD pada masyarakat di wilayah kerja Puskesmas I Denpasar Barat tahun 2019. Penelitian ini dilakukan secara potong lintang deskriptif yang dilakukan pada Agustus sampai Oktober 2019. Subyek penelitian merupakan ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Padangsambian Kaja. Pengambilanqdataqdilakukan dengan metodeqwawancaraqdengan menggunakan kuesioner. Data penelitian diolah menggunakan software SPSS ver. 24. 93 ibu rumah tangga yang berpartisipasi mayoritas jenjang pendidikan terakhirnya adalah SMA/Sederajat (43,0%) dan terbanyak berprofesi sebagai ibu rumah tangga (47,3%). Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan sedang (55,9%). Kategori sikap terbanyak termasuk dalam kategori sikap sedang (73,1%) dan mayoritas responden tergolong dalam tindakan sedang (76,3%). Diharapkan melalui penelitian ini, pihak puskesmas maupun pemerintah dapat mengadakan kegiatan penyuluhan lebih sering agar risiko terkena DBD dapat berkurang.


Kata kunci: tingkat pengetahuan, pencegahan DBD

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Olivia Vanya Wardoyo

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Wayan Citra Wulan Sucipta Putri

2Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan

Dyah Pradnyaparamita Duarsa

2Departemen Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan

Published
2021-10-13
How to Cite
WARDOYO, Olivia Vanya; SUCIPTA PUTRI, Wayan Citra Wulan; DUARSA, Dyah Pradnyaparamita. GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN, SIKAP, DAN TINDAKAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE PADA MASYARAKAT DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS I DENPASAR BARAT TAHUN 2019. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 10, p. 32-40, oct. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/78796>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i10.P06.

Most read articles by the same author(s)