UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN CENGKEH (Syzygium aromaticum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN RESISTANT Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO

  • Cokorda Istri Dyah Yustika Dewi
  • Desak Ketut Ernawati
  • Ida Ayu Alit Widhiartini

Abstract

ABSTRAK


Staphylococcus aureus merupakan salah satu patogen yang menjadi penyebab utama infeksi nosokomial. Staphylococcus aureus merupakan ancaman serius dikarenakan resistensinya terhadap antibiotik metichillin sehingga disebut juga sebagai Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA). Namun obat pilihan saat ini menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan, oleh karena itu perlu dikembangkan sumber lain untuk terapi MRSA. Salah satu tanaman yang potensial untuk MRSA adalah daun cengkeh (Syzygium aromaticum L.). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas antibaketri esktrak etanol daun cengkeh (Syzygium aromaticum L.) terhadap pertumbuhan MRSA secara in vitro. Penelitian ini adalah True Experimental Post Test Only Group Design dengan metode disc diffusion untuk menilai zona hambat dari ekstrak dengan konsentrasi 10%, 20%, dan 50% yang dibuat terhadap bakteri MRSA dengan 6 kali pengulangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa rerata diameter zona hambat yang dihasilkan oleh konsentrasi 10%, 20%, dan 50% secara berturut-turut yaitu  9,50 ± 0,54 mm, 12,33 ± 0,81 mm, dan 14,66 ± 1,50 mm. berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan peningkatan konsentrasi esktrak etanol daun cengkeh berpengaruh terhadap diameter zona hambat MRSA yang dihasilkan dari percobaan secara in vitro.


Kata kunci : Syzygium aromaticum L., zona hambat, MRSA

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cokorda Istri Dyah Yustika Dewi

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Desak Ketut Ernawati

2Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Ida Ayu Alit Widhiartini

2Bagian Farmakologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Published
2021-02-26
How to Cite
DEWI, Cokorda Istri Dyah Yustika; ERNAWATI, Desak Ketut; WIDHIARTINI, Ida Ayu Alit. UJI EFEKTIVITAS EKSTRAK ETANOL DAUN CENGKEH (Syzygium aromaticum L.) TERHADAP PERTUMBUHAN METHICILLIN RESISTANT Staphylococcus aureus SECARA IN VITRO. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 79-85, feb. 2021. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/74349>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2021.V10.i2.P15.

Most read articles by the same author(s)