PENGARUH JUMLAH PEMBEKALAN TERHADAP PERSEPSI DAN KESIAPAN MAHASISWA MENGENAI INTERPROFESSIONAL EDUCATION DI UNIVERSITAS UDAYANA
Abstract
ABSTRAK
Interprofessional education (IPE) merupakan sebuah strategi untuk meningkatkan kolaborasi antar tenaga kesehatan agar dapat memandang suatu masalah dan mampu menyelesaikannya secara holistik. Sedangkan pembekalan merupakan salah satu komponen dalam mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi IPE. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pembekalan terhadap persepsi dan kesiapan mahasiswa mengenai IPE. Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional yang dilakukan di Fakultas Kedokteran terdiri dari 6 program studi dan Program Studi Farmasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Data diperoleh melalui kuesioner IEPS dan RIPLS. Jumlah sampel sebanyak 201 responden dari tujuh program studi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan persepsi dan kesiapan mahasiswa (p<0,05) dimana 60,2% mahasiswa memiliki persepsi kategori baik dengan Fisioterapi memiliki pesepsi (82,6%) kategori baik paling tinggi dan Pendidikan Dokter memiliki persepsi (48,0%) kategori baik paling rendah. Sedangkan sebanyak 74,6% mahasiswa memiliki kesiapan kategori baik dengan Pendidikan Dokter Gigi memiliki kesiapan (94,1%) kategori baik paling tinggi dan Pendidikan Dokter memiliki kesiapan (53,3%) kategori baik paling rendah. Tidak terdapat pengaruh jumlah pembekalan terhadap persepsi dan kesiapan mahasiswa mengenai IPE (P>0,05).
Kata kunci: Jumlah Pembekalan, Persepsi, Kesiapan, Interprofessional Education (IPE), Mahasiswa