PERBEDAAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEER ASSISTED LEARNING (PAL) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI PADA MAHASISWA SEMESTER I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

  • Ida Ayu Kanaka Puspita 1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Putu Ayu Asri Damayanti 2Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Putu Wardani 3Departemen Medical Education Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali
  • Ni Luh Putu Eka Diarthini Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Abstract

Metode pembelajaran peer assisted learning (PAL) mampu meningkatkan pemahanan dan interaksi sosial yang baik untuk mahasiswa tahun pertama yang tengah mengalami masa penyesuaian. Anatomi sebagai dasar pengetahuan preklinik sangat penting dan cenderung disampaikan dengan metode konvensional (teacher-centered). Penelitian in bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran anatomi antara metode konvensional dan PAL pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas KedokteranmUniversitas Udayana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (metode konvensional: kontrol; metode PAL: intervensi) dengan pretest dan post-test. Sampel diambil menggunakan teknik pengambilan acak pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana setelah mendapat persetujuan. Hasil pembelajaran diolah dengan SPSS melalui uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Dari penelitian ini ditemukan adanya perbedaan hasil pembelajaran antara metode konvensional dan PAL. Melalui uji Mann-Whitney didapatkan rerata peringkat kelompok dengan metode konvensional (145,67) lebih tinggi daripada kelompok dengan PAL (91,04) (p<0,05) dari total 238 mahasiswa. Temuan ini bermanfaat memberikan pemahaman metode pembelajaran lain terhadap mahasiswa tahun pertama dan menjadi analisa perbedaan kedua metode pada pembelajaran anatomi di Fakultas Kedokteran Universitasi Udayana.


Kata Kunci: metode pembelajaran, konvensional, peer assisted learning.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ida Ayu Kanaka Puspita, 1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

1Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Putu Ayu Asri Damayanti, 2Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

2Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Ni Putu Wardani, 3Departemen Medical Education Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

3Departemen Medical Education Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Ni Luh Putu Eka Diarthini, Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Departemen Parasitologi Fakultas Kedokteran, Universitas Udayana, Denpasar, Bali

Published
2022-05-24
How to Cite
KANAKA PUSPITA, Ida Ayu et al. PERBEDAAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEER ASSISTED LEARNING (PAL) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI PADA MAHASISWA SEMESTER I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 11, n. 5, p. 64-68, may 2022. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/88237>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/MU.2022.V11.i05.P11.