HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGRAJIN BATIK DI DESA PEJENG, GIANYAR

  • Dewa Made Adi Arsika Widja
  • Luh Made Indah Sri Handari Adiputra
  • I Made Krisna Dinata

Abstract

ABSTRAK


 


Nyeri pada bagian punggung bawah merupakan suatu keadaan nyeri yang terjadi pada region punggung bagian bawah yang disebabkan oleh berbagai faktor. Gangguan ini paling banyak ditemukan pada lingkungan kerja, terutama pada individu yang beraktivitas dengan sikap kerja yang salah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan hubungan antara sikap kerja terhadap nyeri pada bagian punggung pada pengrajin batik di Desa Pejeng, Kabupaten Gianyar. Penelitian ini menggunakan analytic crossectional dan menggunakan 20 orang sebagai sampel penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara sikap kerja terhadap nyeri punggung bawah pada pengrajin batik di Desa Pejeng, Gianyar. Perubahan menuju sikap kerja yang ergonomis serta perhatian terhadap kesehatan pengrajin sangat dibutuhkan oleh pengrajin batik sehingga menghasilkan kualitas produk yang baik.


Kata Kunci : Nyeri Punggung Bawah, Sikap Kerja


 


ABSTRACT


Lower back pain is a state of pain that occurs in the lower back region caused by various factors. Lower back pain is most commonly found in the work environment, especially found in individual who work with wrong attitude. The purpose of this study is to describe the relationship between work attitude to pain on the back of batik craftsmen in Pejeng Village, Gianyar Regency. This study used analytic crossectional and used 20 people as research sample. The result of this research is found a significant correlation between work attitude toward lower back pain on batik craftsman in Pejeng Village, Gianyar. batik craftsmen need Changes to ergonomic work attitude and attention to the health of craftsmen. It can make batik craftsmen  produce good product quality.


Keywords: Lower Back Pain, Work Attitude


 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dewa Made Adi Arsika Widja

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Luh Made Indah Sri Handari Adiputra

2Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

I Made Krisna Dinata

3Bagian Ilmu Faal Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Published
2019-10-28
How to Cite
WIDJA, Dewa Made Adi Arsika; ADIPUTRA, Luh Made Indah Sri Handari; DINATA, I Made Krisna. HUBUNGAN ANTARA SIKAP KERJA TERHADAP NYERI PUNGGUNG BAWAH PADA PENGRAJIN BATIK DI DESA PEJENG, GIANYAR. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 8, n. 10, oct. 2019. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/54215>. Date accessed: 26 apr. 2024.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>