GAMBARAN HEPATOTOKSISITAS (ALT/AST) PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS LINI PERTAMA DALAM PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU RAWAT INAP DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2014

  • I Gede Juliarta
  • Ni Kadek Mulyantari
  • I Wayan Putu Sutirta Yasa

Abstract

Hepatotoksisitas merupakan keadaan dimana sel-sel hati mengalami kerusakan karena zat-zat kimia yang bersifat toksik. Penggunaan Obat Anti Tuberkulosis (OAT) dalam pengobatan Tuberkulosis (TB) paru menjadi salah satu penyebab tersering hepatotoksisitas. Dalam tes fungsi hati, indikator yang sering digunakan untuk menilai derajat hepatotoksisitas adalah kadar SGPT/SGOT. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran hepatotoksisitas (SGPT/SGOT) penggunaan OAT di RSUP Sanglah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif potong lintang. Sampel yang digunakan adalah pasien TB paru yang dirawat inap di RSUP Sanglah pada Januari 2014 sampai Desember 2014. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah data rekam medik. Hasil penelitian ini yaitu dari 71 sampel penelitian didapat prevalensi hepatotoksisitas sebesar 22,5% dengan mayoritas jenis kelamin laki-laki (56,25%). Angka kejadian tertinggi pada kelompok umur 41-60 tahun (68,75%), 4). Berdasarkan kadar ALT, mayoritas derajat ringan, sedangkan berdasarkan AST, mayoritas derajat sedang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah sebagian besar sampel yang positif mengalami hepatotoksisitas OAT termasuk dalam kategori ringan.


Kata kunci: tuberkulosis paru, hepatotoksisitas OAT, kadar SGPT/SGOT

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

I Gede Juliarta

1Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana

Ni Kadek Mulyantari

SMF Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana / RSUP Sanglah Denpasar

 

I Wayan Putu Sutirta Yasa

SMF Patologi Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Udayana / RSUP Sanglah Denpasar

Published
2018-10-09
How to Cite
JULIARTA, I Gede; MULYANTARI, Ni Kadek; SUTIRTA YASA, I Wayan Putu. GAMBARAN HEPATOTOKSISITAS (ALT/AST) PENGGUNAAN OBAT ANTI TUBERKULOSIS LINI PERTAMA DALAM PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU RAWAT INAP DI RSUP SANGLAH DENPASAR TAHUN 2014. E-Jurnal Medika Udayana, [S.l.], v. 7, n. 10, oct. 2018. ISSN 2303-1395. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/42757>. Date accessed: 29 mar. 2024.

Most read articles by the same author(s)