PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP KESEJAHTRAAN DAN PENGANGGURAN TERBUKA DI WILAYAH NON SARBAGITA PROVINSI BALI

  • Widi Srinarayana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
  • I Ketut Sutrisna

Abstract

Pengangguran adalah suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya. Permasalahan strategis di pemerintah Provinsi Bali tidak jauh beda dengan di pemerintah pusat, yakni bagaimana upaya menurunkan angka pengangguran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah:   (1) untuk menganalisis pengaruh pendidikan dan PAD secara langsung terhadap IPM di wilayah non SARBAGITA Provinsi Bali; 2) untuk menganalisis pengaruh pendidikan, PAD, dan IPM secara langsung terhadap tingkat pengangguran terbuka di wilayah non SARBAGITA; 3) untuk mengetahui peran IPM dalam  memediasi  pengaruh  pendidikan  dan PAD terhadap tingkat pengangguran  terbuka di wilayah non SARBAGITA. Teknik analisis yang digunakan adalah path analysis.Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) pendidikan dan PAD berpengaruh positif terhadap IPM di wilayah non SARBAGITA Provinsi Bali; 2) pendidikan berpengaruh negatif, PAD tidak berpengaruh dan IPM  berpengaruh positif terhadap tingkat pengangguran terbuka di wilayah non SARBAGITA Provinsi Bali; dan 3) IPM memediasi pengaruh pendidikan dan PAD terhadap tingkat pengangguran terbuka di wilayah non SARBAGITA Provinsi Bali.


Kata Kunci : Pendidikan, PAD, IPM, Tingkat Pengangguran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-01-26
How to Cite
SRINARAYANA, Widi; SUTRISNA, I Ketut. PENGARUH PENDIDIKAN DAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) TERHADAP KESEJAHTRAAN DAN PENGANGGURAN TERBUKA DI WILAYAH NON SARBAGITA PROVINSI BALI. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 439-468, jan. 2022. ISSN 2303-0178. Available at: <https://ojs.unud.ac.id/index.php/eep/article/view/82989>. Date accessed: 28 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.24843/EEP.2022.v11.i02.p02.

Most read articles by the same author(s)